10 Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 612 2467636 10-cara-menghilangkan-bau-badan-tidak-sedap-GVUriQjPNh.jpg Ilustrasi Bau Badan. (Foto: Shutterstock)

ADA beberapa cara menghilangkan bau badan tidak sedap. Memang, bau badan tidak sedap akan sulit kita deteksi, karena penciuman kita sudah terbiasa.

Tapi, ketika orang terdekat kita memberi tahu bahwa tubuh kita berbau tidak sedap, jangan mengabaikannya. Kita harus berusaha untuk mencegah agar bau tersebut tidak lagi datang.

Melansir Web MD, berikut 10 cara menghilangkan bau badan agar tidak malu ketika bertemu orang.

1. Kurangi makanan atau minuman tertentu

Apa yang anda makan memengaruhi bau badan. Makanan yang cenderung membuat anda lebih banyak berkeringat, seperti cabai atau makanan pedas lainnya, juga dapat menyebabkan bau badan. Dan aroma makanan seperti bawang merah atau bawang putih bisa terbawa keringat.

2. Jaga kebersihan pakaian

Sering-seringlah mengganti pakaian saat berkeringat. Pakaian segar membantu mengurangi bau badan. Pastikan untuk mengganti kaus kaki juga. Gunakan bubuk deodoran pada sepatu, rutin mengganti sol dalam, dan bertelanjang kaki jika memungkinkan.

Cara menghilangkan bau badan

(Cara Menghilangkan Bau Badan/Foto: Shutterstuck)

3. Jaga kebersihan diri

Mandi setidaknya sekali sehari, dan ini akan menghilangkan keringat dan menyingkirkan bakteri di kulit anda. Keringat pada dasarnya tidak berbau.

Tetapi ketika bakteri yang hidup di kulit bercampur dengan keringat, mereka berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Mencuci badan sampai bersih, terutama di area yang cenderung berkeringat. Ini dapat membantu mengatasi bau badan.

4. Gunakan sabun Antibakteri saat mandi

Mandi secara menyeluruh dengan sabun antibakteri akan membantu menghilangkan bakteri, yang dapat membantu menghilangkan bau. Anda dapat mencari sabun dengan cap keterangan "antibakteri" pada kemasannya.

5. Membersihkan dan mengeringkan badan

Setelah mandi, keringkan badan anda sepenuhnya, perhatikan area di mana banyak berkeringat. Jika kulit anda kering, bakteri penyebab bau badan lebih sulit berkembang biak di atasnya.

6. Gunakan Antiperspiran

Setelah anda bersih dan kering, gunakan antiperspiran yang kuat pada ketiak anda. Bahan kimia ini mengandung aluminium klorida, bahan kimia yang membantu menahan keringat, dan sering kali juga mengandung deodoran. Gunakan dua kali sehari sekali, di pagi hari dan sekali di malam hari.

7. Gunakan produk yang berbeda

Seringkali, deodoran atau antiperspirant tertentu tidak menyatu dengan kulit kita. Jika Anda merasa semprotan Anda tidak berhasil, maka Anda harus mengubah merek atau produk Anda. Terkadang lotion dan parfum Anda tidak berfungsi dan malah membuat ketiak Anda berbau tidak sedap.

8. Pakaian yang menyerap keringat

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang bersih dan sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Untuk mengurangi keringat berlebih, kenakan pakaian yang dapat menyerap keringat, yaitu yang berbahan katun. Pakaian berbahan ini tidak membuat tubuh merasa gerah.

9. Lakukan teknik relaksasi

Melakukan relaksasi secara rutin, seperti yoga dan meditasi, dapat membantu Anda untuk mengontrol stres yang merangsang produksi keringat berlebih pemicu bau badan.

10. Mencukur bulu ketiak

Menurut sebuah studi dari Journal of Cosmetic Dermatology, mencukur rambut di ketiak dapat membantu mengurangi bau tak sedap. Hal ini karena kulit yang dicukur lebih mudah untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan kulit yang berambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini