5 Cara Ampuh Hilangkan Bau Keringat di Baju meski Sudah Dicuci

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 08:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 194 2467867 5-cara-ampuh-hilangkan-bau-keringat-di-baju-meski-sudah-dicuci-xIXoDomwUB.jpg Ilustrasi tips hilangkan bau keringat di baju. (Foto: Shutterstock)

BAGI orang-orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan pasti sering merasakan sangat berkeringat. Ini dianggap sebagai hal yang wajar. Tapi kondisi yang cukup mengganggu adalah ketika bau keringat yang menempel di baju tidak sepenuhnya hilang meskipun sudah dicuci.

Dikutip dari laman The Guardian, dosen mode di RMIT University Australia Georgia McCorkill mengatakan bekas keringat atau noda kuning pada baju disebabkan kombinasi garam dalam keringat dan deodoran. Keringat sebenarnya steril, tetapi ketika bercampur dengan bakteri di kulit, bau tidak sedap pun muncul.

Jika tidak ingin menemukan kondisi baju masih tercium bau keringat yang menempel, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Baca juga: Kaki Sering Berkeringat, Ternyata Ini Penyebabnya 

Ilustrasi hilangkan bau keringat di baju. (Foto: Good Housekeeping)

1. Segera cuci

Setelah bepergian dari luar, ada baiknya Anda segera mencuci pakaian. Jangan dibiarkan terlalu lama, karena makin lama keringat menempel di pakaian, maka makin besar pertumbuhan bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan bau tidak sedap.

2. Pakai kaus dalam berbahan katun

Lebih baik mengenakan kaus dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat untuk membantu agar kemeja atau pakaian utama tetap terjaga dari noda keringat.

Baca juga: 3 Alasan Kucing Sering Menjilati Jari-Jari Pemiliknya 

3. Bersihkan area yang paling berkeringat

Jika mengetahui area baju mana yang paling berkeringat, Anda bisa menaruh perhatian lebih dalam mencuci area tersebut. Misalnya ketiak atau leher. Tapi tetap berhati-hati ya, jangan sampai mengucek terlalu keras hingga bisa merusak kain.

4. Hilangkan noda keringat dengan benar

Menurut ahli-ahli di University of Illinos Amerika Serikat, noda keringat yang biasanya muncul pada area ketiak bisa dihilangkan dengan bahan-bahan seperti produk berbahan enzim, amonia, cuka, soda kue, dan khusus baju putih bisa gunakan produk berbahan hidrogen peroksida.

Adapaun caranya adalah oleskan salah satu bahan ke noda kuning. Kemudian rendam dengan air hangat. Ulangi lagi jika noda kuning masih tertinggal. Ingat, jika noda belum juga hilang, jangan memasukkan baju ke mesin pengering.

Baca juga: Koes Hendratmo Meninggal Dunia, Prof Zubairi: Beristirahatlah dengan Tenang 

5. Pilih deodoran yang cocok

Pastikan Anda sudah memilih deodoran yang tepat. Sebaiknya gunakan deodoran dengan kandungan aluminium tidak terlalu tinggi. Anda juga bisa memilih produk antiperspiran agar produksi keringan pada ketiak berkurang.

Ilustrasi hilangkan bau keringat di baju. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini