Ari Lasso Idap Kanker Limpa, Apa Fungsi Limpa Sebenarnya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 481 2468234 ari-lasso-idap-kanker-limpa-apa-fungsi-limpa-sebenarnya-W7yubagcxv.jpg Ari Lasso (Foto: Youtube)

RUPANYA penyanyi Ari Lasso baru saja menggegerkan publik terkait pengakuan tentang kondisi kesehatan dirinya.

Melalui tayangan podcast milik Deddy Corbuzier, Ari Lasso mengaku ia tengah jatuh sakit, lebih tepatnya mengidap kanker limpa. Setelah menjalani pengangkatan organ limpa, sebelum diberi tahu oleh dokter, pelantun hits Hampa tersebut langsung mengetahui jika ia mengidap kanker.

 kanker

Kecurigaan Ari terbukti benar, dengan hasil tes patologi yang menunjukkan bahwa dirinya mengidap kanker limpa, yang ia sebut termasuk dalam penyakit kanker langka.

“Hasil patologinya keluar, ini cancer langka. Orang biasanya terkena kanker limfoma, itu getah bening benjol-benjol di leher, ketiak. Kalau gue kebalikannya, limpanya yang dihinggapi cancer,” ujar Ari, seperti dikutip dari akun chanel Youtube Deddy Corbuzier, Rabu (8/9/2021).

Berbeda dengan hati dan ginjal, sebagian orang awam mungkin tak terlalu familiar dengan limpa. Sebetulnya apa fungsi limpa yang terletak di bagian kiri atas perut, belakang tulang rusuk, di bawah diafragma, dan di atas dan di belakang perut manusia tersebut?

Mengutip Healthline yang sudah ditinjau ulang oleh Dr. Judith Marcin, MD, limpa merupakan bagian dari sistem limfatik tubuh manusia, sistem limfatik ini membantu untuk membuang limbah, menjaga keseimbangan cairan, membuat juga sekaligus mengaktifkan sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi untuk sistem kekebalan tubuh.

Selain itu juga bertanggung jawab menghasilkan zat yang memainkan peran penting dalam peradangan dan penyembuhan. Punya peran penting dalam imunitas tubuh, maka tak heran limpa dikenal sebagai ‘security guard’ atau penjaga tubuh manusia.

Salah satu tugas utama limpa adalah menyaring darah, yang mana mempengaruhi jumlah sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan jumlah trombosit yang merupakan sel yang membantu darah manusia untuk membeku. Ini dilakukan dengan memecah dan membuang sel-sel yang tidak normal, tua, atau rusak.

Di limpa juga lah, sel darah merah, trombosit, dan sel darah putih yang melawan infeksi disimpan dalam tubuh. Limpa punya peran krusial dalam respons sistem kekebalan atau imunitas. Ketika mendeteksi bakteri, virus, atau kuman lain dalam darah, limpa bekerja untuk menghasilkan sel darah putih ( limfosit) untuk melawan infeksi ini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini