5 Tips Pola Hidup Sehat di Tengah Pandemi, Dicoba Yuk!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 481 2468260 5-tips-pola-hidup-sehat-di-tengah-pandemi-dicoba-yuk-ltADDm8iO8.jpg Tidur cukup (Foto: Health and fitness travel)

HINGGA saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan pandemi Covid-19. Tak henti-henti, pemerintah selalu memperingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk meningkatkan imun tubuh agar dapat menangkal virus Covid-19. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat di tengah pandemi.

Dokter Dewanta Sembiring, Spesialis Saraf Rumah Sakit EMC Sentul, memberikan tips pola hidup sehat di tengah pandemi. Dicoba yuk!

 pola makan

1. Mengatur pola makan

Makanan siap saji dan makanan instan memang menggoda. Namun, di waktu seperti ini ada baiknya jika kita memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang dengan sayur dan buah-buahan serta vitamin. Pola makan yang sehat bisa memproduksi antibodi yang bagus untuk melawan virus saat ini

2. Hindari stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Stres adalah reaksi normal terhadap keluhan-keluhan ataupun masalah yang kita hadapi. Gejalanya beragam, ada yang bisa sampai pusing, demam, diare, alergi, dan lainnya.

Namun, kita bisa belajar mengelolanya dengan cara berpikir positif atau dengan meluangkan waktu untuk rileks. Baik dengan melakukan hobi ataupun meditasi. Mensyukuri hal-hal yang sudah tercapai dan miliki juga bisa membuat jiwa kamu lebih tenang lho. Selain itu, kamu juga bisa mencurahkan isi hati kamu kepada kerabat terdekat untuk meluapkan stres dan emosi kamu. Terakhir, kamu bisa menenangkan jiwa dengan mendekatkan diri kepada Tuhan.

3. Olahraga

Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan cara olahraga ringan seperti berjalan kaki, sit up, push up, dan masih banyak lainnya. Olahraga bisa dilakukan di dalam atau di halaman rumah. Selain untuk kebugaran dan meningkatkan imun tubuh, olahraga juga dapat mengubah suasana hati lho.

4. Istirahat yang cukup

Hal yang dapat kita lakukan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan cara memperbaiki waktu tidur. Dokter Dewanta menyarankan untuk tidur setidaknya 6-8 jam setiap harinya. Istirahat yang cukup adalah kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat.

5. Hentikan kebiasaan buruk

Gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Ada beragam penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan buruk ini, seperti penyakit jantung, paru-paru, diabetes, hingga kanker. Oleh karena itu Dokter Dewanta menghimbau bagi para perokok untuk segera berhenti merokok dan menerapkan pola hidup sehat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini