Ari Lasso Akui Kena Kanker Ganas Langka, Kenali Beda Kanker dengan Tumor

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 481 2468300 ari-lasso-akui-kena-kanker-ganas-langka-kenali-beda-kanker-dengan-tumor-522jYK5RQV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYANYI Ari Lasso mengaku akan melakukan pengobatan di Singapura untuk mengobati kanker yang dia derita. Kanker ini diketahui menyerang limpanya dan tergolong langka.

Hasil dari patologi Ari Laso dinyatakan mengidap kanker ganas Diffuse Large B-cell Lymphoma. Padahal sebelumnya menjalani pengangkatan tumor yang cukup besar.

Lantas, apalah kanker sama dengan tumor? Mungkin Anda juga pernah mendengar istilah tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ganas inilah yang disebut kanker. Lalu apa perbedaan di antara keduanya dan mengapa tumor bisa menjadi ganas?

Tumor pada dasarnya adalah sel hidup yang tumbuh secara abnormal. Mereka akan memperbanyak diri dalam waktu cepat. Lalu bagaimana dengan kanker?

“Perbedaannya adalah tumor memiliki kapsul pelindung, sementara kanker adalah tumor yang kapsulnya sudah pecah,” kata Prof Dr dr Soehartati Gondhowiardjo, Sp.Rad.

Kanker

Lebih lagi, dijelaskan bahwa tumor tidak akan membahayakan bila menyerang suatu bagian tubuh dan masih mudah diangkat dengan operasi. Sementara tumor yang sudah pecah, akan dengan mudah menyebuk ke sel sehat, membuat jaringan pembuluh darah untuk hidup, dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

“Perbedaan ini menimbulkan penanganan operasi berbeda-beda, ada yang waktunya sebentar ada yang lama. Contohnya, penderita tumor atau kanker payudara stadium awal biasanya bisa menjalani operasi pengangkatan 15-30 menit. Bagi yang sudah parah bisa lebih lama lagi, bahkan bisa sampai diangkat seluruh payudaranya bila telah melebar,” jelasnya.

Pertumbuhan tumor dan perkembangannya menjadi kanker dapat memakan waktu bertahun-tahun. Paparan faktor risiko kanker dapat memicu percepatan munculnya kanker, seperti zat kimia seperti dari rokok, makanan tidak sehat, kegemukan, radiasi matahari, atau infeksi virus yang dapat menimbulkan mutasi gen dan merobohkan daya tahan tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini