10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Bikin Kepala Gatal

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 611 2467885 10-cara-menghilangkan-kutu-rambut-yang-bikin-kepala-gatal-MsQg9TIIpY.jpg 10 cara menghilangkan kutu rambut (Foto: Boldsky)

ADA 10 cara menghilangkan kutu rambut yang bisa Anda lakukan di rumah. Ya, kutu rambut tidak hanya menyerang anak-anak, tetapi juga orang dewasa. 

Memiliki kutu rambut di kepala sangat tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas. Ini karena jika kutu menghisap darah Anda, maka kulit kepala akan terasa gatal.

Tetapi jangan khawatir, karena melansir Westchester Health pada Rabu (8/9/2021), berikut 10 cara terbaik untuk menghilangkan kutu rambut.

Sisir dalam keadaan basah

10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut

(10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Foto: Boldsky)

Anda tidak dapat menyingkirkan kutu sampai Anda mengambil semua telurnya. Ini harus dilakukan bersamaan dengan hampir semua perawatan lainnya. Rambut harus basah dan diberi pelumas, seperti kondisioner.

Pertama, sisir rambut bagian demi bagian, mulai dari kulit kepala dengan sisir logam bergigi rapat untuk menghilangkan kutu dan telur kutu. Setelah menyisir, gunakan lampu tambahan untuk menemukan dan mengambil kutu.

Sampo pembasmi kutu

Pyrethrum, bahan aktif dalam sampo pembasmi kutu berasal dari bunga krisan yang mengandung insektisida alami yang disebut pyrethrins. Oleskan ke rambut kering dan bersih yang tidak menggunakan produk apa pun, tunggu 10 menit, lalu tambahkan air hingga berbusa dan bilas.

Kemudian, sisir menggunakan sisir kutu. Aplikasi kedua direkomendasikan 7-10 hari kemudian untuk membunuh kutu hidup yang tersisa. Awasi anak Anda untuk reaksi alergi.

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Baby Oil Bisa Bunuh Kutu Rambut?

Minyak zaitun

10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut

(10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Foto: Boldsky)

Obat rumahan ini dapat meredakan dan membunuh kutu tetapi perlu dioleskan semalaman di bawah shower cap karena kutu dapat bertahan hidup tanpa bernafas selama berjam-jam.

Anda juga harus menyisir rambut anak Anda setelahnya untuk menghilangkan kutu, tetapi minyak zaitun akan membantu melonggarkannya dari batang rambut.

Petroleum jelly

Seperti minyak zaitun, petroleum jelly dipercaya dapat mencekik kutu dengan menyumbat lubang pernapasan mereka. Untuk hasil terbaik, lapisi rambut dan kulit kepala, tutup semalaman dengan shower cap, dan cuci keesokan paginya. Sisir untuk telur kutu. Ulangi perawatan satu minggu kemudian.

Baca Juga : Viral Wanita Ini Basmi Kutu Rambut Pakai Obat Nyamuk Semprot

Cuka

Beberapa orang tua telah menemukan bahwa cuka melarutkan lem lengket yang digunakan kutu betina untuk menempelkan telurnya ke batang rambut.

Juga, kami telah melihat bahwa melapisi rambut dengan cuka setelah menggunakan perawatan pembunuh kutu dan sebelum menyisir telur kutu bekerja dengan baik.

Kutu Buster

Menyerupai penyedot debu, perangkat ini mengarahkan udara panas ke akar rambut dan kulit kepala untuk mengeringkan kutu dan telurnya. Sebuah studi tahun 2006 menunjukkan bahwa LouseBuster membunuh 98% telur kutu dan 80% kutu hidup.

Meskipun aman dan cepat (perawatan biasa hanya membutuhkan waktu 30 menit), perawatan hanya tersedia melalui operator profesional bersertifikat.

Bersihkan barang-barang yang bersentuhan dengan kepala

10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut

(10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Foto: Boldsky)

Untuk mencegah infeksi ulang, cuci sprei, topi, syal dan handuk dengan air panas dan keringkan di tempat yang panas. Rendam sisir dan sikat dalam air sabun yang sangat panas.

Vakum lantai, bantal, furniture berlapis kain, dan jok mobil. Simpan barang-barang yang tidak bisa Anda cuci dalam kantong tertutup selama 2 minggu. Periksa semua anggota rumah tangga untuk kutu juga.

Menyewa layanan

Sebenarnya ada layanan penghilang kutu rambut yang mengkhususkan diri dalam menghilangkan kutu rambut. Tanyakan teman, tetangga, perawat sekolah Anda atau kami untuk rekomendasi layanan yang dapat diandalkan di daerah Anda.

Lotion benzil alkohol 5%

Lotion resep ini bekerja dengan melumpuhkan alat pernapasan kutu. Untuk menggunakan, basahi rambut dan kulit kepala yang kering dengan lotion, tunggu 10 menit, lalu bilas. Gunakan sisir kutu setelahnya untuk membantu menghilangkan telur kutu dan kutu mati.

Mayonnaise

Biasanya kita menggunakan mayonnaise sebagai saus pelengkap makanan, namun ternyata mayonnaise juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.

Caranya, oleskan pada kulit kepala dan pijat dengan lembut sampai merata. Gunakan shower cap untuk menutup rambut. Diamkan 5 sampai 6 jam. Keramasilah rambut dengan sampo secara bersih dan merata. Setelah mengeringkan rambut, sisirlah rambut menggunakan sisir serit agar benar-benar bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini