10 Cara Menebalkan Rambut secara Alami

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 611 2468314 10-cara-menebalkan-rambut-secara-alami-7p4MsZvlTJ.jpg Cara Menebalkan Rambut secara Alami. (Foto: Shutterstock)

MEMILIH menebalkan rambut secara alami semakin populer akhir-akhir ini. Pasalnya, penggunaan produk alami tidak kaan membuat efek samping pada kesehatan kita.

Memiliki rambut tebal yang indah tentu merupakan idaman semua orang. Tapi kerontokan rambut bisa berakibat pada tipisnya rambut dan berujung pada kebotakan.

Kerontokan atau penipisan yang terjadi pada rambut Anda bisa disebabkan oleh beberapa hal. Nah, melansir Dermae, berikut 10 cara mudah untuk menebalkan rambut secara alami.

1. Gunakan sampo dan conditioner dengan bahan alami

Terlalu banyak menggunakan sampo dan conditioner dengan bahan kimia dapat membuat kerontokan rambut. Oleh karena itu, ini saatnya Anda beralih ke produk perawatan rambut dengan bahan alami atau vegan.

Cara Menebalkan Rambut

2. Menjaga makanan dan minuman

Makanan yang kita makan dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan rambut. Jika rambut Anda terlihat kusam dan mudah rontok, mungkin itu pertanda kalau Anda tidak mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup. Cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut. Makanan yang bagus untuk kesehatan rambut diantaranya alpukat, bayam, jambu biji, ubi jalar, kayu manis, dan kenari.

3. Tetap terhidrasi

Selain mengonsumsi makanan bergizi seimbang, pastikan juga bahwa tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan takaran air minum yang pas untuk Anda konsumsi sehari-hari.

4. Pakai lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat seperti menebalkan rambut, menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, penghilang ketombe, memutihkan wajah, memutihkan kulit, dan menyembuhkan luka. Lidah buaya mengandung banyak zat yang penting untuk menunjang kesuburan rambut seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

5. Minyak kemiri

Kemiri memang merupakan salah satu bahan dapur yang biasa digunakan untuk penyedap makanan. Tidak hanya itu, kemiri dan juga minyak kemiri bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut dan membuat rambut menjadi sehat dan berkilau. Zat aponin, falvonoida, dan polifenol yang terkandung dalam kemiri telah dibuktikan dalam banyak penelitian memiliki arti besar bagi kesehatan.

Anda bisa menggunakan kemiri sebagai cara menebalkan rambut melalui 2 metode. Pertama adalah dengan menumbuk halus kemiri lalu oleskan pada kulit kepala selama 30 menit atau cara kedua dengan menggunakan minyak kemiri yang juga dioleskan pada kulit kepala selama 30 menit.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan bagi tubuh yaitu vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, lignoserat, polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium. Kandungan bermanfaat inilah yang dapat menjadi alasan mengapa minyak zaitun dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut.

Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun mudah saja. Oleskan minyak pada kulit kepala setiap sebelum keramas.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan virgin coconut oil adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna kuning, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama. Oleskan minyak kelapa murni pada kulit kelapa setiap sebelum keramas.

8. Santan

Aneh memang jika ternyata santan juga bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut. Tapi percaya tidak percaya, santan sangat bermanfaat dan efektif sebagai cara menebalkan rambut. Santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, zat besi, dan tembaga. Kandungan inilah yang membuat santan menjadi cara menebalkan rambut yang efektif.

9. Teh Hijau

Tidak hanya untuk diminum saja, teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut yang efektif. Kandungan yang ada pada teh hijau antara lain zat antioksidan, polifenol, fluoride, vitamin C, mangan, L-teanin, dan katekin Caranya adalah dengan mendiamkan selama 15 menit seduhan daun teh hijau lalu oleskan pada kulit kepala.

10. Madu

Pernahkah Anda temui pada merk shampoo yang menggunakan madu sebagai bahannya? Madu memang dipercaya memiliki khasiat yang berguna untuk menebalkan rambut. Oleskan madu pada rambut secara merata seperti menggunakan masker rambut. Biarkan selama 30 menit lalu bilas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini