Jauhi Gaya Hidup Hedon, 4 Tips Milenial Bergaji UMR Bisa Punya Rumah Impian

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 23:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 612 2468391 jauhi-gaya-hidup-hedon-4-tips-milenial-bergaji-umr-bisa-punya-rumah-impian-7HxjjJWeJK.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

GAYA hidup milenial yang terlalu konsumtif terkadang membuat seseorang lupa untuk menabung. Menabung bisa bermanfaat untuk apa saja, salah satunya bisa memiliki rumah impian.

Terlebih buat para milenial yang bergaji UMR, umumnya terlalu banyak memenuhi kebutuhan hidup harian, daripada menabung. Terutama buat mereka yang tinggal di kota besar, biasanya mengedepankan gengsi.

Padahal seseorang membutuhkan tiga kebutuhan sekunder yakni sandang, pangan dan papan. Sayangnya untuk memenuhi kebutuhan papan mereka sering lupa.

Diungkapkan Elisabeth Cornelia dari 99 Group Indonesia, surveinya menyebut bahwa kalangN milenilal mengaku sulit untuk punya rumah. Mereka yang tinggal di kota besar cenderung tinggal di indekos atau sewa rumah.

 rumah

"Padahal harga kos atau ngontrak sama kayak harga cicilan rumah, maka kita ingin ngajak untuk property people, daripada sewa, kita beli property dan jadi hak milik," ujarnya saat webinar Hari Properti Nasional 2021.

Ada juga tips yang diberikan untuk Anda yang bergaji UMR jika ingin memberi rumah impian loh. Apa saja?

Ubah mindset

Conny mengatakan, Anda perlu mengubah mindset agar bisa melengkapi kebutuhan papan. Kalau tadinya tinggal di indekos, coba untuk mengubah mindset dan perspektif.

"Hal basic adalah milenial ini harus punya mindset kalau punya rumah sendiri itu sebuah prestasi," ujarnya.

Hindari perilaku konsumtif

Jika ingin punya rumah pertama sendiri, sebaiknya jangan jadi orang yang konsumtif. Milenial di perkotaan besar paling sering tergoda untuk

"Hindari konsumsi yang enggak penting, karena kebanyakan mereka kalau gajian itu langsung pengin beli hp baru, jadi tinggal gimana kita bisa beli dan atur pengeluaran," ujar Chong Ming Hwee, CEO 99 Group Indonesia


Perhatikan lokasi

Bharat Buxani, yang juga mewakili 99 Group Indonesia menambahkan, bagi Anda yang ingin membeli rumah, pemilihan lokasi perlu diperhatikan. Cari lokasi strategis di pinggiran kota, tapi transportasi mendukung.

"Misal untuk pekerja di Jakarta Pusat, rumahnya di pinggiran kota, transportasinya mendukung. Jadi memudahkan untuk mereka dapat hunian pertama dan pekerja gaji UMR ini bisa loh beli rumah," tambahnya.

 

Sesuaikan bujet

Membeli hunian sesuaikan bujet. Tak apa-apa lokasinya di pinggiran kota sedikit, tapi hunian tersebut sudah jadi milik sendiri.

"Manfaatkan pula banyak promo yang ditawarkan itu lebih hemat. Kalau ada bujet lagi nanti upgrade, misal beli di pusat kota," ujar Conny lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini