10 Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi yang Perlu Bunda Tahu

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 481 2468441 10-cara-menghilangkan-cegukan-pada-bayi-yang-perlu-bunda-tahu-F6aA7p2WP6.jpg 10 cara menghilangkan cegukan pada bayi (Foto: Momjunction)

ADA 10 cara menghilangkan cegukan pada bayi yang penting untuk Bunda ketahui. Cegukan memang kerap dialami oleh bayi, tapi Bunda jangan langsung panik ya. 

Cegukan terjadi ketika diafragma Anda mulai kejang tanpa sadar. Diafragma Anda adalah otot besar yang membantu Anda bernapas masuk dan keluar.

Umumnya, cegukan terjadi pada bayi, meski tak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya. Melansir Healthline pada Kamis (9/9/2021), berikut 10 cara menghilangkan cegukan pada bayi.

1. Menyusui

10 cara menghilangkan cegukan pada bayi

(10 cara menghilangkan cegukan pada bayi, Foto: Boldsky)

Pastikan mulut si kecil benar-benar melekat pada puting saat menyusu. Bayi bisa cegukan akibat ikut menelan udara selama menyusu. Ini kemungkinan terjadi karena mulut bayi yang kurang melekat dengan benar pada puting ibu.

2. Buat bayi bersendawa setelah menyusu

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan Ibu untuk memancing agar si kecil bersendawa setiap habis minum susu formula sebanyak 50 ml. Sementara itu, apabila bayi Anda menyusu ASI eksklusif, buat ia bersendawa setiap kali akan ganti sisi puting.

Baca Juga : Cara Cepat Redakan Cegukan saat Makan

3. Kompres dada

Anda bisa membungkukan tubuh bayi atau menyandarkannya untuk menekan dada dan memberi tekanan pada diagframanya.

4. Tekan diafragma bayi

Diafragma memisahkan perut dari paru-paru bayi. Gunakan tangan Anda untuk memberikan tekanan pada area tepat di bawah ujung tulang dada si bayi.

5. Pijat arteri karotis

Manusia memiliki arteri karotis di kedua sisi leher. Itulah yang Anda rasakan saat memeriksa denyut nadi dengan menyentuh leher.

Anda bisa memposisikan bayi dalam keadaan berbaring, kemudian putar kepalanya ke arah kiri, dan pijat arteri di sisi kanan dengan gerakan melingkar selama 5 hingga 10 detik.

6. Lakukan pijat dubur

Studi kasus lain melaporkan bahwa seorang pria dengan cegukan yang sedang berlangsung menemukan bantuan segera setelah pijat dubur. Menggunakan sarung tangan karet dan banyak pelumas, masukkan jari ke dalam rektum dan pijat.

7. Ketuk atau gosok bagian belakang leher

10 cara menghilangkan cegukan pada bayi

(10 cara menghilangkan cegukan pada bayi, Foto: Boldsky)

Menggosok kulit di bagian belakang leher dapat merangsang saraf frenikus. Karenanya, Anda bisa mempraktekkan hal ini pada bayi.

8. Tusuk bagian belakang tenggorokan dengan kapas

Usap bagian belakang tenggorokan bayi sampai tersedak atau batuk. Refleks muntah dapat merangsang saraf vagal.

9. Pijat telapak tangan bayi

Gunakan ibu jari Anda untuk memberikan tekanan pada telapak tangan si bayi. Lakukan dengan lembut dan berulang.

10. Pijat sebelum tidur

Tidak banyak ibu yang tahu bahwa rutin memijat bayi sebelum tidur malam dapat mengatasi sekaligus mencegah cegukan sering terjadi. Ini karena pijatan lembut yang diterima bayi dapat perlahan-lahan mengeluarkan gas dari dalam perutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini