Haornas 2021, Ini 6 Olahraga yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 481 2468609 haornas-2021-ini-6-olahraga-yang-bisa-tingkatkan-kesehatan-jantung-iqZCG7EbrZ.jpg Ilustrasi olahraga untuk kesehatan jantung. (Foto: Katemangostar/Freepik)

DI momen Hari Olahraga Nasional atau Haornas 2021 ini, salah satu hal yang patut diketahui masyarakat luas adalah daftar olahraga yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Pasalnya, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi.

Lebih baik mencegah sakit jantung daripada mengobatinya. Maka itu, rajin olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung bisa menjadi solusinya.

Baca juga: Haornas 2021, Ini 5 Manfaat Olahraga yang Belum Diketahui Banyak Orang 

Sebagaimana dikutip dari laman Inter Mountain Health Care, orang yang tidak melakukan olahraga maka bisa dua kali lebih rentan terkena penyakit jantung dibanding mereka yang rutin berolahraga.

Lantas, apa saja olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung? Berikut ini enam di antaranya.

Olahraga jalan kaki.

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga pilihan pertama yang termudah. Keluarlah dan hirup udara segar dengan sedikit berjalan-jalan. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Bisa setelah makan siang atau malam, kemudian lakukan lebih lama di akhir pekan.

Apalagi jalan cepat, temponya akan meningkatkan detak jantung Anda. Pakailah sepatu yang sesuai agar terhindar dari lecet.

2. Bersepeda

Gowes sepeda salah satu yang sedang populer di Tanah Air selama pandemi ini. Ternyata olahraga bersepeda terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, telah terbukti juga bisa meningkatkan kesehatan mental.

Baca juga: Tidak Disangka, Pria Ini Masak Bebek Kelamaan Sampai Hancur Malah Laku Dijual! 

3. Olahraga beban

Tidak perlu menggunakan alat-alat gym untuk melakuakan olahraga beban. Gunakan tubuh Anda sendiri untuk push-up, squats, dan pull-up. Olahraga ini selain bagus untuk jantung, bisa juga menambah massa otot dan membakar lemak.

4. Senam

Senam adalah pilihan lainnya yang bisa memperkuat jantung Anda dan mengencangkan otot. Jenis senam tertentu benar-benar bisa meningkatkan detak jantung selagi memperoleh ketenangan yang akan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Terungkap Wujud Mumi Ratu Tiye Istri Firaun, Rambutnya Masih Utuh Tebal 

5. Interval training

Latihan ini adalah cara berolahraga ringan dan berat secara bergantian dengan mengulanginya beberapa saat. Misalnya Anda berlari selama 1 menit, setelah itu berjalan selama 3 menit, dan mengulangi siklus tersebut. Membuat detak jantung Anda naik-turun akan membantu pembakaran kalori dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

6. Berenang

Bosan dengan olahraga darat? Cobalah olahraga air dengan berenang. Mengikuti kelas aerobik air bisa memperkuat tubuh dan jantung Anda.

Olahraga berenang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini