Peringati Haornas, Ini 3 Olahraga yang Ampuh Bakar Kalori Tubuh

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 481 2468746 peringati-haornas-ini-3-olahraga-yang-ampuh-bakar-kalori-tubuh-v4ouPckvr8.jpeg Ilustrasi olahraga pembakar kalori. (Foto: Mohamed Hassan/Pixabay)

HARI ini diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional atau Haornas 2021. Gerakan lebih menggalakkan olahraga pun terus dilakukan. Contohnya, olahraga yang efektif membakar kalori. Olahraga ini bisa membuat tubuh lebih cepat langsing.

Selain membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh menjadi langsing, olahraga juga memberikan manfaat kesehatan lainnya. Sebut saja perbaikan suasana hati, tulang yang lebih kuat, dan penurunan risiko penyakit-penyakit kronis.

Lantas, olahraga apa saja sih yang membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh langsing? Berikut daftar lengkapnya, sebagaimana dikutip dari laman Healthline, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Haornas 2021, Ini 5 Manfaat Olahraga yang Belum Diketahui Banyak Orang 

Bersepeda. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

1. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga populer yang makin hits di masa pandemi covid-19 ini. Selain itu, bersepeda bisa meningkatkan kebugaran dan membantu menurunkan berat badan. Harvard Health memperkirakan orang dengan berat 70 kg dapat membakar sekira 260 kalori per 30 menit dengan mengayuh sepeda statis berkecepatan rendah, dan 298 kalori per 30 menit di sepeda biasa dengan kecepatan sedang.

Tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, studi menemukan bahwa orang yang bersepeda secara teratur memiliki kebugaran yang lebih baik secara keseluruhan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan risiko penyakit jantung, kanker, serta kematian yang lebih rendah dibanding dengan mereka yang tidak bersepeda secara teratur.

Baca juga: Haornas 2021, Ini 6 Olahraga yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung 

2. Berenang

Olahraga renang adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan dan menjadi bugar. Harvard Health memperkirakan orang dengan berat 70 kg dapat membakar sekira 233 kalori per 30 menit dengan berenang.

Berenang yang paling bagus untuk membakar kalori adalah dengan gaya kupu-kupu. Ini membakar lemak lebih besar daripada gaya renang lainnya seperti gaya punggung dan gaya dada.

Tidak sampai di situ, berdasarkan studi 12 minggu terhadap 24 wanita paruh baya didapati bahwa berenang selama 60 menit 3 kali per minggu dapat secara signifikan mengurangi lemak tubuh, meningkatkan fleksibilitas, serta mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk kolesterol total dan trigliserida darah yang tinggi.

Olahraga berenang.

Baca juga: Tidak Disangka, Pria Ini Masak Bebek Kelamaan Sampai Hancur Malah Laku Dijual! 

3. Jalan kaki

Olahraga jalan kaki bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Menurut laporan Harvard Health, diperkirakan orang seberat 70 kilogram dapat membakar sekira 167 kalori per 30 menit jika berjalan kaki dengan kecepatan sedang.

Kemudian sebuah studi 12 minggu terhadap 20 wanita dengan obesitas menemukan bahwa berjalan selama 50–70 menit selama 3 kali seminggu bisa mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang rata-rata masing-masing 1,5 persen dan 1,1 inci atau 2,8 sentimeter. Jadi, cobalah mulai olahraga berjalan kaki selama 30 menit selama 3–4 kali seminggu.

Olahraga jalan kaki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini