4 Manfaat Ekstrak Buah Kaktus untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat Lho

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 611 2468837 4-manfaat-ekstrak-buah-kaktus-untuk-kulit-bisa-atasi-jerawat-lho-DHPGAiZpK7.jpg Ilustrasi ekstrak buah kaktus. (Foto: Shutterstock)

EKSTRAK buah kaktus seringkali dijadikan bahan dasar skincare berkat segudang manfaat di dalamnya. Di antaranya berfungsi sebagai anti-aging, menghidrasi kulit, anti-mikroba, detoks, hingga meredakan jerawat yang membandel.

Salah satu ekstrak buah kaktus yang paling sering digunakan untuk skincare adalah jenis opuntia coccinellifera fruit extract. Sebab, kandungan ini dikenal sebagai tanaman yang telah hidup 100 tahun, sudah teruji klinis dan efektif untuk mengatasi masalah kesehatan, dijadikan bahan makanan, hingga solusi masalah kulit wajah.

Baca juga: Haornas 2021, Ini 6 Olahraga yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung 

"Opuntia coccinellifera fruit extract memiliki kandungan yang lebih kaya akan vitamin C dan ekstra-melembapkan," kata dermatologist dr Ruri Pamela SpKK dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Ia melanjutkan, kaktus hidup di area padang pasir yang kering dan gersang sehingga tanamannya kaya akan komponen untuk menghidrasi atau melembapkan.

Nah, berikut ini deretan manfaat ekstak buah kaktus untuk kesehatan kulit:

Kulit wajah. (foto: Prostooleh/Freepik)

1. Menghidrasi kulit

Kulit rentan mengalami dehidrasi jika kelembapannya tidak terjaga. Menurut dr Ruri, senyawa yang ada di dalam opuntia coccinellifera fruit extract (ekstrak buah kaktus) mampu membuat kulit tampak lebih lembab dan kenyal, sehingga sangat cocok untuk kulit kering.

Baca juga: Haornas 2021, Ini 5 Manfaat Olahraga yang Belum Diketahui Banyak Orang 

2. Anti-aging

Opuntia coccinellifera fruit extract (ekstrak buah kaktus) mengandung vitamin E dan asam lemak baik yang dibutuhkan sebagai bagian dari stratum corneum (lapisan kulit atas) untuk memperkuat barrier kulit dari pengaruh lingkungan, dan membantu menyehatkan kulit. Selain itu, dapat menghambat proses aging meski manfaat anti oksidan di dalamnya kadang tidak terasa perubahannya.

3. Anti-inflamasi

Selanjutnya ekstrak buah kaktus juga mengandung anti-inflamasi yang dapat meredakan kemerahan pada kulit atau kemerahan karena jerawat dan sebagainya. Kandungan anti-inflamasi dan efek menenangkan dari ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Baca juga: Tidak Disangka, Pria Ini Masak Bebek Kelamaan Sampai Hancur Malah Laku Dijual! 

4. Mengatasi jerawat

Ekstrak buah kaktus juga ampuh mengatasi jerawat dan kemerahan atau blemish. "Berkat kandungan anti-inflamasi, ekstrak buah kaktus dapat membantu mengurangi peradangan jerawat sekira 7–10 hari," ungkapnya.

Akan tetapi bagi pemilik kulit hipersensitif perlu berhati-hati dalam menggunakan skincare mengandung ekstrak buah kaktus. Sebab, bisa menyebabkan alergi akibat komponen dalam kaktus.

"Kulit yang cenderung hipersensitif dan mudah alergi akan berisiko muncul ruam kemerahan disertai rasa gatal setelah pemakaian beberapa hari," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini