Ini Arti Warna Hijau, Kuning, Merah, Hitam di Scan Barcode PeduliLindungi

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 481 2469069 ini-arti-warna-hijau-kuning-merah-hitam-di-scan-barcode-pedulilindungi-EB9Et3nJye.jpeg Ilustrasi arti warna scan barcode aplikasi PeduliLindungi covid-19. (Foto: MNC Portal)

SETIAP orang yang hendak bepergian atau mengunjungi tempat publik seperti mal selama masa pandemi covid-19 ini diwajibkan mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Sebab di dalam aplikasi tersebut kini dilengkapi fitur status vaksinasi yang mampu menentukan apakah seseorang bisa bepergian dengan aman atau tidak.

"Pembaruan dilakukan sejak Agustus lalu, seiring rencana pemerintah memperluas aplikasi penelusuran kontak tersebut pada 7 September. Status vaksinasi saat ini bisa ditemukan baik di aplikasi maupun situs resmi PeduliLindungi.id," jelas pihak PeduliLindungi dalam keterangan resminya yang diterima MNC Portal, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Pinggang Sisi Kiri, Hati-Hati Ginjal Kena 

Untuk melihat status vaksinasi covid-19, kunjungi tab Akun pada aplikasi PeduliLindungi atau masukkan nama lengkap dan nomor induk kependudukan dalam situs resmi.

Status vaksinasi pada setiap orang mungkin akan berbeda, ditandai dengan warna hijau, kuning, merah, dan hitam yang akan muncul apabila seseorang melakukan scan barcode yang tersedia.

Aplikasi PeduliLindungi.

1. Warna hijau

Warna hijau akan muncul jika pemilik identitas tersebut sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 secara lengkap atau sebanyak dua dosis. Keterangan yang ada di bawah warna hijau menyebutkan: "Saat ini Anda dapat bepergian dengan aman ke fasilitas publik."

Baca juga: Sudah Berolahraga Berat Badan Tak Kunjung Turun, Apa Solusinya? 

2. Warna kuning

Jika muncul warna kuning, artinya pemilik identitas sudah mendapatkan vaksin covid-19 dosis pertama. Dia bisa bepergian ke fasilitas publik dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

3. Warna merah

Apabila yang muncul adalah warna merah, orang tersebut belum mendapat vaksinasi covid-19. Biasanya warna merah akan disertai keterangan bahwa dia bisa divaksinasi di seluruh fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi covid-19. Kemudian orang dengan status vaksinasi merah tidak bisa bepergian ke fasilitas publik.

Baca juga: 5 Fakta Aplikasi PeduliLindungi Pengguna KRL, Dianggap Lebih Efisien 

4. Warna hitam

Selanjutnya warna hitam akan muncul jika seseorang positif covid-19 atau kontak erat dengan pasien positif. Mereka yang berstatus hitam tentu tidak bisa bepergian karena harus menjalani isolasi mandiri.

Dalam kasus pasien positif covid-19, PeduliLindungi akan meminta persetujuan pengguna untuk mengakses data hasil penelusuran kontak dalam 14 hari terakhir yang tersimpan di server mereka.

Pemerintah akan melacak pengguna lain yang melakukan kontak erat dengan pasien positif tersebut selama 14 hari terakhir berdasarkan data yang ada di PeduliLindungi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini