Cek Fakta Vaksin Covid-19 Disebut Ubah DNA Seseorang Jadi Zombie

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 481 2469167 cek-fakta-vaksin-covid-19-disebut-ubah-dna-seseorang-jadi-zombie-UOOnTRKKay.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

BELUM lama ini beredar kabar yang menyebut bahwa vaksin Covid-19 bisa mengubah DNA manusia dan menyebabkan seseorang berubah menjadi zombie. Lantas, benarkan pernyataan tersebut?

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i memastikan melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, Jumat (10/9/2021), bahwa kabar tersebut tidaklah benar atau hoax.

Cek Fakta

Menurutnya vaksin Covid-19 tidak mengubah DNA manusia dan tidak menyebabkan seseorang menjadi zombie. Kelima vaksin yang ada di Indonesia yakni Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer, tidak bekerja di dalam tubuh dengan mengubah susunan DNA manusia.

Baca Juga : Cek Fakta: Benarkah "Air Ajaib" di Banyuwangi Bisa Sembuhkan Covid-19?

Bahkan semua vaksin yang digunakan, tidak ada yang berinteraksi dengan DNA manusia.

1. Vaksin Sinovac dan Sinopharm adalah vaksin virus inaktif yang tidak bisa membelah diri dan masuk ke dalam sel untuk mengubah DNA manusia.

2. Vaksin Moderna dan Pfizer merupakan jenis vaksin mRNA yang tidak dapat masuk ke dalam inti sel, tempat DNA manusia berada.

3. Vaksin AstraZeneca merupakan vaksin vektor virus yang membawa DNA virus penyebab Covid-19. Vaksin ini tidak berinteraksi dengan DNA manusia dan tidak menyebabkan DNA manusia berubah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini