6 Prokes saat Masuk dan Keluar Sekolah Selama PTM Terbatas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 481 2469257 6-prokes-saat-masuk-dan-keluar-sekolah-selama-ptm-terbatas-pa9hm0DhDC.jpg Pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di masa pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

PEMERINTAH mulai memberlakukan sistem pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas di sejumlah wilayah dengan status asesmen pandemi level 1–3. Hal ini bertujuan untuk menghindari learning loss (ketertinggalan pelajaran) yang dihadapi para siswa selama masa pandemi covid-19.

Meski sudah mulai diterapkan, PTM terbatas tetap diikuti dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) sangat ketat. Hal ini untuk mencegah penularan covid-19 yang terjadi antara sesama siswa maupun para tenaga pengajar selama PTM berlangsung.

Baca juga: Covid-19 Varian Mu vs Delta, Mana Lebih Ganas? 

Dirangkum dari unggahan akun Instagram Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Jumat (10/9/2021), berikut protokol kesehatan saat masuk atau keluar tempat pendidikan. Yuk disimak.

Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. (Foto: Okezone)

1. Mengatur jalur

Menentukan pintu masuk dan pintu keluar yang berbeda.

2. Fasilitas

Menyediakan fasilitas cuci tangan dengan air dan sabun (wastafel/wastafel portable) atau hand sanitizer berbasis alkohol minimal 70 persen. Menyediakan cadangan masker bagi siswa atau tenaga pendidik yang tidak membawa masker cadangan ke lingkungan pendidikan.

Baca juga: Ini Asupan Sehat yang Ampuh Mencegah Kanker Usus Besar 

3. Mengukur suhu tubuh

Pengukuran dilakukan pada tempat masuk. Diperbolehkan masuk jika suhu tubuh <37,3 derajat Celsius. Pemeriksa suhu tubuh berjumlah lebih dari satu orang.

4. Transportasi

Siswa atau tenaga pendidik diimbau tidak menggunakan transportasi umum. Apabila menggunakan transportasi umum, tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan. Jika dimungkinkan sekolah bersama, pemda dapat memfasilitasi transportasi yang aman bagi siswa yang rumahnya jauh.

Baca juga: Ini Arti Warna Hijau, Kuning, Merah, Hitam di Scan Barcode PeduliLindungi 

5. Peralatan wajib

Sebelum berangkat, siswa atau tenaga pendidik sudah sarapan, sehat, pakai masker, membawa hand sanitizer, alat ibadah, dan membawa bekal serta alat makan sendiri.

6. Saat pulang

Lakukan disinfeksi barang-barang yang digunakan seperti kacamata, alat tulis, dompet, dan segera mandi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini