4 Cara Atasi Gula Darah Naik di Malam Hari, Diabetesi Wajib Tahu!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 481 2469273 4-cara-atasi-gula-darah-naik-di-malam-hari-diabetesi-wajib-tahu-XjqNsIbTUz.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

GULA darah orang dengan penyakit diabetes seringkali naik di malam hari. Ini tentunya menyebabkan rasa tidak nyaman. Mulai dari pandangan kabur, pusing, hingga perasaan ingin buang air kecil yang terjadi secara berulang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kadar glukosa darah Anda terlalu tinggi ketika berada di atas 126 mg/dL atau 7,0 mmol/L saat puasa (selama sebelum makan), atau di atas 200 mg/dL atau 11,1 mmol/L dua jam setelah makan . Ini juga disebut sebagai hiperglikemia.

Mengenali gejala awal hiperglikemia sangat penting dilakukan bagi diabetesi atau orang dengan penyakit dabetes. Dengan demikian, Anda akan dapat mengobati tanda-tandanya dengan cepat dan pada tahap awal. Belajarlah untuk mendengarkan tubuh Anda sendiri dan menyadari pola perilaku tertentu, tuliskan jika perlu.

Gula Darah Naik

Ketika bertindak pada hiperglikemia Anda menghindari komplikasi jangka panjang dan hidup dengan diabetes dengan cara yang paling menyenangkan. Melansir Hedia, Ada berbagai alasan mengapa kadar gula darah Anda meningkat di malam hari.

Baca Juga : 5 Sayuran Penurun Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Mulai dari sedikitnya insulin atau obat diabetes, terlalu sedikit olahraga, terlalu banyak makan, menstruasi, kehamilan, cedera atau operasi medis, penyakit atau infeksi, stres atau obat non-diabetes adalah semua faktor yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah di malam hari.

Adapun tanda-tanda yang terjadi jika gula darah Anda naik adalah mulut kering, peningkatan buang air kecil, mual dan muntah, perubahan suasana hati yang tiba-tiba dan mudah tersinggung, menjadi sangat haus, merasa lelah, penglihatan kabur, kurangnya nafsu makan atau nafsu makan meningkat

Bagaimana cara menstabilkan gula darah tinggi di malam hari?

Ketika gula darah Anda naik di malam hari, ada berbagai tindakan yang dapat Anda ambil untuk mengatasi penyebab dan efeknya.

Minum cukup

Minum Air Putih

Gejala buang air kecil meningkat adalah reaksi alami tubuh untuk membuang kelebihan jumlah gula dalam darah. Oleh karena itu penting untuk minum cukup (tetapi bukan sesuatu yang manis!) untuk merangsang proses ini.

Olahraga

Sangat penting untuk tidak melakukan olahraga apa pun saat kadar glukosa darah Anda terlalu tinggi (di atas 15 mmol/L). Sebagai gantinya, disarankan untuk mengukur keton Anda dan berolahraga dengan intensitas rendah atau menunda olahraga, tergantung pada pengukuran Anda.

Ini dianjurkan karena mungkin tidak ada cukup insulin yang tersedia untuk menurunkan glukosa darah yang dilepaskan selama latihan. Hal ini dapat menyebabkan lebih sering buang air kecil yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Namun, menjaga otot Anda tetap aktif dapat berkontribusi untuk mencegah tingginya gula darah, karena mereka mampu membakar glukosa darah.

Jangan makan berlebihan

Makan Sehat

Lonjakan gula darah Anda di malam hari mungkin disebabkan oleh terlalu banyak makan saat makan malam dibandingkan dengan jumlah insulin yang Anda suntikkan ke dalam tubuh Anda.

Ketika Anda merasa ingin ngemil, pertimbangkan untuk mengukur glukosa darah Anda untuk melihat apakah itu camilan dengan jumlah karbohidrat yang tinggi atau rendah.

Santai

Merasa tergesa-gesa atau stres dapat menyebabkan tubuh melepaskan adrenalin yang akan menghasilkan lonjakan gula darah. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda mengalami situasi di mana Anda merasa di bawah tekanan yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi di malam hari.

Pengobatan diabetes yang cukup

Ingatlah untuk mengukur glukosa darah Anda dan menyuntikkan dosis insulin Anda atau minum obat Anda, terutama ketika Anda merasa tidak enak badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini