10 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita, Makin Sehat dan Percaya Diri!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 481 2469423 10-cara-mengecilkan-perut-buncit-pada-wanita-makin-sehat-dan-percaya-diri-6Hb4FXjc39.jpg 10 cara mengecilkan perut buncit pada wanita (Foto :

ADA 10 cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang bisa kalian coba ladies. Perut buncit memang bisa menjadi salah masalah, tak hanya penampilan tetapi juga kesehatan. 

Perut buncit biasanya disebabkan oleh produksi gas berlebih atau gangguan pada pergerakan otot-otot sistem pencernaan.

Selain mengurangi kepercayaan diri hingga kesulitan menemukan pakaian yang cocok, perut buncit juga bisa menimbulkan gangguan berupa ketidaknyamanan si penderita. Tapi jangan khawatir, karena melansir Healthline, berikut 10 cara untuk mengecilkan perut buncit.

Berpuasa

10 cara mengecilkan perut buncit pada wanita

(10 cara mengecilkan perut buncit pada wanita, Foto: Boldsky)

Berpuasa bisa menjadi cara mengecilkan perut buncit. Salah satu strategi puasa yang paling populer untuk tujuan ini adalah dengan makan dalam 8 jam dan berpuasa selama 16 jam berikutnya.

Berpuasa seperti ini selama 2-6 bulan bisa jadi menghilangkan 7 persen lemak di perut. Hal ini dikarenakan, makin lebar lingkar pinggang, maka kian berisiko seseorang mengalami masalah kesehatan.

Banyak Bergerak

Jika rutin berolahraga masih terlalu berat, mulailah kebiasaan aktif bergerak. Kebiasaan aktif bergerak ditambah pengaturan pola makan dengan gizi seimbang dapat mengontrol berat badan. Bila perlu, gunakan jam tangan pelacak aktivitas sehari-hari untuk memantau jumlah langkah dan pembakaran kalori Anda.

Baca Juga : Malas Bergerak? Makan 4 Buah Ini untuk Atasi Perut Buncit

Jangan Makan Terlalu Banyak Sekaligus

10 cara mengecilkan perut buncit pada wanita

(10 cara mengecilkan perut buncit pada wanita, Foto: Boldsky)

Kekenyangan bisa terasa seperti kembung, tetapi masalahnya adalah Anda makan terlalu banyak. Jika Anda makan dalam porsi besar dan cenderung merasa tidak nyaman setelahnya, cobalah porsi yang lebih kecil. Tambahkan makanan harian lainnya jika perlu.

Hindari Makanan yang Membuat Anda Alergi

Alergi dan intoleransi makanan relatif umum terjadi. Ketika Anda makan makanan yang Anda tidak toleran, itu dapat menyebabkan produksi gas berlebih, kembung dan gejala lainnya. Jika Anda sangat curiga bahwa Anda memiliki alergi makanan atau intoleransi, temui dokter.

Hindari Minuman Bersoda

Ada dua sumber gas dalam sistem pencernaan. Salah satunya adalah gas yang dihasilkan oleh bakteri di usus. Yang lainnya adalah udara atau gas yang tertelan saat Anda makan atau minum.

Pelaku terbesar di sini adalah minuman berkarbonasi seperti soda atau minuman bersoda. Mereka mengandung gelembung dengan karbon dioksida, gas yang dapat dilepaskan dari cairan setelah mencapai perut Anda.

Jangan Makan Makanan yang Memberi Anda Gas

Cobalah membuat buku harian makanan untuk mencari tahu apakah makanan tertentu cenderung membuat Anda lebih banyak mengandung gas atau kembung daripada yang lain. Makanan yang mengandung gas antara lain termasuk kacang-kacangan seperti kacang dan lentil, serta beberapa biji-bijian.

Diet Penderita IBS

Mayoritas pasien IBS mengalami perut buncit. Karenanya, Anda bisa mengikuti pola diet mereka. Makanan yang biasanya mengandung gas adalah gandum, bawang putih, brokoli, kol, kacang polong, apel, buah pir, dan semangka.

Hindari Gula Buatan

10 cara mengecilkan perut buncit pada wanita

(10 cara mengecilkan perut buncit pada wanita, Foto: Boldsky)

Pemanis ini umumnya dianggap sebagai alternatif yang aman untuk gula. Namun, mereka dapat menyebabkan masalah pencernaan dalam jumlah tinggi. Bakteri di usus besar Anda mencernanya dan menghasilkan gas.

Cobalah menghindari alkohol gula seperti xylitol, sorbitol dan manitol. Erythritol mungkin lebih baik ditoleransi daripada yang lain, tetapi juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dalam dosis besar.

Usahakan Jangan Sembelit

Sembelit adalah masalah pencernaan yang sangat umum, dan dapat memiliki banyak penyebab yang berbeda. Studi menunjukkan bahwa sembelit seringkali dapat memicu terbentuknya perut buncit. Mendapatkan lebih banyak serat larut sering direkomendasikan untuk sembelit.

Anda mungkin ingin mencoba minum lebih banyak air atau meningkatkan aktivitas fisik Anda, yang keduanya efektif melawan sembelit. Mengonsumsi makanan yang dapat melancarkan percenaan juga dapat dicoba.

Konsumsi Probiotik

Gas yang dihasilkan oleh bakteri di usus merupakan penyumbang utama perut buncit. Ada banyak jenis bakteri yang berbeda yang tinggal di sana, dan mereka dapat bervariasi antar individu.

Beberapa studi klinis telah menunjukkan bahwa suplemen probiotik tertentu dapat membantu mengurangi produksi gas dan kembung pada orang dengan masalah pencernaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini