15 Cara Menghilangkan Panu di Wajah, Coba yang Alami Dulu Ya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 611 2469415 15-cara-menghilangkan-panu-di-wajah-coba-yang-alami-dulu-ya-aqXnNqG9zI.jpg Cara Menghilangkan Panu di Wajah. (Foto: Shutterstock)

ADA beberapa cara menghilangkan panu di wajah yang bisa kita lakukan secara alami. Memang, panu di daerah wajah akan sangat mengganggu dan juga bisa menular ke tempat lain.

Panu bisa menyebar hingga ke beberapa bagian tubuh seperti leher, tangan, bahu, dan punggung. Untuk mengobatinya, memang bisa dilakukan dengan salep dan obat-obat keras.

Tapi, tetunya Anda ingin mencoba pengobatan alami dong. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber sperti Times Of India dan Healthline.

1. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Kombinasi bahan dapur ini bisa menjadi obat yang efektif dalam mengatasi panu. Anda bisa menumbuk halus belimbing wuluh, lalu campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Setelah itu, oleskan pada bagian panu secara merata dan biarkan hingga mengering, kemudian bilas hingga bersih.

2. Bawang putih

Selain digunakan untuk memperlezat cita rasa masakan, bawang putih ternyata mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membunuh segala jenis jamur dan kuman, termasuk menyembuhkan panu. Caranya, cukup potong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian. Lalu gosokkan pada area panu secara merata. Pada awalnya memang akan menimbulkan rasa perih, ini merupakan salah satu efek dari infeksi jamur pada kulit Anda.

Cara menghilangkan panu

(Cara menghilangkan panu/Foto: Shutterstock)

3. Lidah buaya

Selama ini lidah buaya dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal yang ampuh untuk menjaga kesehatan rambut. Namun tidak banyak yang mengetahui, bahwa tanaman ini juga dapat menghilangkan panu dan membersihkan wajah sehingga tampak bersih dan segar. Caranya, ambillah satu batang lidah buaya, lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu, keluarkan gel yang terdapat pada lidah buaya, kemudian oleskan.

4. Lengkuas dan garam

Lengkuas memiliki senyawa kursetin, amilum, serta flavonoid yang dipercaya dapat mengatasi bakteri penyebab penau. Bumbu dapur ini bahkan sudah digunakan oleh orang-orang pada zaman dulu untuk mengatasi jamur kulit. Teknik penggunaannya pun terbilang praktis. Cukup belah satu batang lengkuas, lalu gosokkan pada area kulit yang ditumbuhi panu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan garam pada bagian belahan kulit lengkuas.

5. Minyak pohon teh

Pernah mendengar minyak yang satu ini? Para peneliti menemukan bahwa minyak pohon teh memiliki sifat anti jamur yang ampuh untuk menghilangkan infeksi pada kulit, termasuk panu. Namun efek yang ditimbulkan akan membuat kulit seperti terbakar. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengurangi rasa sakit dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa atau lavender.

6. Kunyit

Kunyit dapat digunakan untuk menghilangkan panu. Kandungan volatile yang dimiliki kunyit dapat bermanfaat sebagai antiinflamasi. Selain itu, kandungan kurkumin di dalamnya juga merupakan antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab panu. Tumbuk halus kunyit dan tempelkan pada bagian terinfeksi jamur. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

7. Jeruk Nipis dan belerang

Menggunakan jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Jeruk nipis memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan dikombinasikan dengan belerang, kandungan asam sitrat dapat menjadi anti bakteri dan anti jamur. Kandungan vitamin C yang tinggi juga merupakan senyawa lain yang dapat membantu membasmi panu.

8. Minyak Oregano

Minyak oregano berasal dari daun dan bunganya. Kandungan carvacrol yang dimilikinya dapat membasmi dan mengurangi infeksi bakteri, jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal ini yang membuat minyak oregano bisa menjadi pilihanmu untuk membasmi panu. Oleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena infeksi. Kemudian diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Minyak zaitun yang dicampurkan madu dapat menjadi komponen yang pas untuk membasmi bakteri dan jamur. Campurkan minyak zaitun dan madu dan oleskan pada area panu. Lakukan hal ini 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Minyak astiri

Sifat anti-inflamasi minyak ini dapat membantu menghilangkan rasa gatal, sementara aktivitas antijamurnya menghilangkan jamur yang menyebabkan kondisi ini. Campurkan dengan satu sendok teh minyak kelapa kemudian oleskan campuran tersebut ke area yang terkena. Biarkan selama 30-60 menit sebelum dicuci. Hasil akan terlihat jika dilakukan secara rutin sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

11. Yoghurt

Cara menghilangkan panu juga bisa dengan menggunakan yoghurt yang biasa kamu konsumsi. Yoghurt yang bisa digunakan adalah yoghurt polos dan tanpa rasa dan pemanis. Kandungan probiotik yang ada di dalam yoghurt dapat menghambat pertumbuhan jamur. Oleskan yoghurt pada kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

12. Cuka Apel

Cuka apel dapat kamu gunakan untuk membantu menghilangkan panu. Di dalam cuka apel terdapat kandungan antimikroba yang bisa membantu meredakan infeksi jamur di kulit. Oleskan cuka apel pada area yang terinfeksi jamur. Kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai pengganti salep dan lakukan 3 kali sehari.

13. Sayuran

Selain yang dioleskan, ada juga cara lewat dalam tubuh dengan mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, B, C, dan E. Vitamin ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu bisa menyembuhkan panu.

14. Salep dan Krim panu

Ketika semua bahan alami sudah tidak bisa menyembuhkan, maka Anda bisa mencari obat penyembuh seperti salep, lotion, sampo, atau pil obat. Pastikan obat penyembuh panu itu dari profesional dan tenaga medis bersertifikat. Obat salep bisa berbeda variasi dan pemakaian ukuran tergantung infeksi jamur.

 

15. Pergi ke dokter

Jika infeksi panu sudah menyebar dan bertambah parah, ada baiknya Anda segera konsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan obat yang diminum untuk penyembuhan. Obat ini untuk penyakit panu lebih serius dan berulang kali terinfeksi. Obat ini biasanya dijual memakai resep dokter dan ada efek samping jika dikonsumsi berlebih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini