Sudah Berolahraga Berat Badan Tak Kunjung Turun, Apa Solusinya?

Intan Afika, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 612 2469020 sudah-berolahraga-berat-badan-tak-kunjung-turun-apa-solusinya-dS1PJZpQqz.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KESADARAN masyarakat akan hidup sehat di masa Pandemi memang mengalami peningkatan. Tapi, yang masih kurang adalah kemauan untuk berolahraga di tengah pandemi.

Pasalnya, selama pandemi banyak orang mengalami kenaikan berat badan. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya bergerak. Tapi, bagaimana jika sudah olahraga tetapi berat badan tak juga turun?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Leny Pintowari, SpKO mengatakan bahwa tubuh yang mengalami obesitas memang sedikit sulit untuk menurunkan berat badan.

Olahraga

"Kalau kegemukan mungkin masih bisa ya, kalau kategorinya sudah obesitas memang biasanya perlu adanya pendamping," tuturnya dalam Webinar.

Pendamping olahraga untuk mereka yang obesitas bisa dilakukan bersama teman yang berpengalaman, coach, ataupun dokter. Selain karena obesitas, faktor genetik juga bisa menjadi alasan untuk menurunkan berat badan.

Kondisi genetik memang tidak bisa diubah, namun dengan usaha dan tekad yang kuat seseorang pasti bisa mengendalikan berat badannya. Usaha-usaha yang bisa dilakukan misalnya menjaga pola makan dan rajin untuk berolahraga.

Bagi para pemula, Dokter Leny menganjurkan untuk olahraga minimal 3 kali seminggu. Untuk yang sudah terbiasa, bisa ditingkatkan menjadi 5 kali seminggu.

Dokter Lenny menegaskan, hal yang perlu diperhatikan saat olahraga dalam menurunkan berat badan adalah memperhatikan intensitas, waktu dan jenis olahraganya.

"Misalnya karena ingin cepat turun berat badannya, jadi intensitas olahraganya dinaikin, waktunya juga ditambah. Nah itu yang enggak baik. Kalau sudah lebih dari dua aspek yang dinaikkan, hati-hati bisa cedera," tegas Dokter Leny.

Menurutnya, hal terpenting dalam melakukan olahraga adalah lakukan secara bertahap dan konsisten. Dengan melakukan dua hal itu, tubuh dengan sendirinya akan beradaptasi dengan aktivitas-aktivitas baru. Jika sudah terbiasa, maka intensitas, waktu, dan jenis olahraga bisa dinaikkan secara bertahap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini