5 Penyebab Sakit Pinggang Sisi Kiri, Hati-Hati Ginjal Kena

Intan Afika, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 612 2469021 5-penyebab-sakit-pinggang-sisi-kiri-hati-hati-ginjal-kena-ZaMvAjTLna.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DUDUK terlalu lama, salah menganggkat beban bahkan salah bergerak bisa menyebabkan seseorang terkena sakit pinggang. Memang sakit pinggang bisa terjadi secara mendadak dan kadang kambuhan.

Biasanya, sakit pinggang ini ditandai dengan rasa pegal, kaku, nyeri atau pinggang terasa seperti ditusuk. Namun hati-hati jika kamu mengalami sakit pinggang di sebelah kiri.

Sakit pinggang sebelah kiri ditandai dengan rasa nyeri yang tajam dan menusuk di bagian kiri pinggang. Kondisi ini bisa tidak bisa dianggap sepele, karena bisa jadi kamu mengidap suatu penyakit.

Melansir dari Youtube Alodokter, Dokter Willy menjelaskan bahwa sakit pinggang sebelah kiri umumnya disebabkan oleh gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat, sehingga menyebabkan cedera pada sisi kiri pinggang.

Sakit pinggang

Selain itu, sakit pinggang sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu, seperti:

Otot tegang

Melakukan aktivitas berat yang melibatkan gerakan punggung, dapat menyebabkan otot punggung tertarik sehingga menjadi tegang dan bahkan robek. Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Kondisi ini bisa pulih dan membaik setelah penderitanya beristirahat atau menjalani fisioterapi.

Skiatika

Skiatika disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dengan saraf tungkai. Hal ini bisa terjadi ketika ada pergeseran bantalan saraf di tulang belakang atau gangguan pada tulang punggung, sehingga menyebabkan saraf terjepit.

Salah satu ciri umum dari skiatika adalah munculnya kesemutan disertai rasa nyeri hebat yang menjalar dari pinggang kiri atau kanan hingga tungkai dan kaki.

Stenosis spinal

Stenosis spinal adalah penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang. Penyakit ini bisa menyebabkan kebas, kram, dan kelemahan pada bagian tubuh yang sarafnya tertekan.

Umumnya, gejala akan bertambah parah saat berdiri atau berjalan. Penyebab utamanya adalah perubahan kondisi tulang akibat penuaan, sehingga bantalan saraf tulang belakang menekan saraf dan akhirnya menyebabkan nyeri.

Gangguan pada ginjal

Karena letaknya dekat dengan pinggang, gangguan yang terjadi pada organ ginjal, seperti batu ginjal atau infeksi ginjal, dapat menyebabkan nyeri pada pinggang. Gangguan ginjal biasanya akan menimbulkan nyeri di antara tulang rusuk bagian bawah dan panggul.

Cedera fisik

Patah tulang panggul atau kerusakan pada otot dan tulang di sekitar pinggang kiri juga dapat menyebabkan rasa nyeri. Keluhan ini umumnya dirasakan beberapa saat setelah terjadi cedera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini