Kenali 6 Protokol Kesehatan di Pemakaman Pasien Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 612 2469238 kenali-6-protokol-kesehatan-di-pemakaman-pasien-covid-19-XEfQZoFh5C.jpg Pemakaman Jenazah. (Foto: Okezone)

SEMAKIN banyak pasien postif Covid-19 maka semakin tinggi pula kemungkinan mereka yang meninggal. Apalagi jika memiliki penyakit komorbid, jika tidak segera ditangani maka akan sangat berbahaya.

Bagi mereka yang kehilangan anggota keluarganya, memang tidak bisa memandikan jenazah di rumah sakit. Tapi, jika dahulu pemakaman tidak bisa dihadiri oleh anggota keluarga, kini anggota keluarga bisa melayat, meskipun harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

Penerapan protokol kesehatan di pemakaman ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 antara pelayat yang hadir. Sebab tidak hanya jenazah yang telah dipersiapkan oleh petugas yang dapat menularkan Covid-19, namun kerumunan juga berisiko menjadi sumber penularan baru.

Merangkum dari laman Instagram Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Jumat (10/9/2021), berikut protokol kesehatan di pemakaman.

1. Pastikan pelayat yang hadir dalam kondisi sehat.

2. Pembatasan jumlah pelayat yang hadir.

3. Selalu memakai masker selama prosesi pemakaman berlangsung.

4. Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan pelayat lain.

5. Pastikan terdapat fasilitas masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

6. Mencuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah pemakaman.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini