10 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Pakai Bahan Alami

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 612 2469456 10-cara-menghilangkan-kutu-kucing-pakai-bahan-alami-55zahsYtoU.jpg 10 Cara Menghilangkan Kutu Kucing. (Foto: Shutterstock)

BAGAIMANA sih cara menghilangkan kutu kucing yang mengganggu? Nah, jika Anda tengah mencari cara untuk mengatasi kutu yang kerap menyerang kucing kesayangan, bisa disimak nih caranya.

Melansir dari The Spruce Pets dan dekoruma, ada beberapa bahan alami yang ampuh untuk mengusir kutu-kutu yang mengganggu kucing kita. Bahan-bahan ini pun tergolong aman karena alami.

1. Lavender

Menurut beberapa penelitian, ramuan yang mengandung lavender efektif membasmi kutu kucing seperti obat kimia yang banyak dijual di pasaran. Caranya, rendam lavender segar dalam air selama semalam, kemudian saring cairan tersebut lalu semprotkan ke bulu kucing yang terserang kutu. Biarkan cairan hingga mengering tanpa perlu dibilas.

2. Chamomile

Jarang diketahui bahwa teh chamomile berkhasiat membasmi kutu pada kucing. Caranya, celupkan teh chamomile ke air panas, kemudian oleskan ke bulu kucing. Lakukan perawatan ini setiap hari selama masih dibutuhkan.

Cara Menghilangkan kutu kucing

3. Sabun cuci piring

Tak disangka, sabun cuci piring ternyata ampuh mengatasi kutu pada kucing. Sabun cuci piring dapat membunuh kutu yang ada di tubuh kucing dalam beberapa menit, sekalipun telah dicairkan terlebih dahulu. Basahi tubuh kucing kemudian oleskan sabun cuci piring di bagian yang sering digaruk. Setelah itu, bilas hingga bersih.

4. Rempah-rempah

Rempah yang ampuh membunuh kutu kucing di antaranya minyak oregano dan Rosemary. Campurkan satu sendok teh minyak oregano dengan tiga sendok teh minyak zaitun, kemudian oleskan sedikit ke area di yang menjadi tempat berkumpulnya kutu, seperti telinga, perut, ekor, dan leher kucing. Aroma rosemary juga tidak disukai oleh kutu kucing.

5. Cuka sari apel

Mengoleskan cuka sari apel memang tidak akan membunuh kutu yang hidup di tubuh kucing peliharaan, tetapi setidaknya, serangga itu akan tidak betah dan melompat dari hewan peliharaan Anda. Larutkan cuka sari apel di dalam air dengan perbandingan 2:1 lalu semprotkan ke bulu kucing yang diserang masalah kutu.

6. Lemon

Kandungan asam sitrat pada lemon ampuh bunuh kutu kucing, sehingga buah ini sangat cocok untuk dijadikan obat pembasmi kutu kucing. Caranya, rebus satu atau dua potong buah lemon, kemudian diamkan selama beberapa jam hingga lemon meresap ke dalam air. Tiriskan air rebusan lemon tersebut lalu pindahkan ke botol semprot.

Semprot atau oleskan cairan lemon pada tubuh kucing. Pastikan cairan tidak mengenai mata kucing dan tidak membuat kulitnya mengalami iritasi. Jika kucing di rumah sangat tidak menyukai air, coba gunakan sisir yang telah dicelupkan ke dalam larutan air lemon kemudian aplikasikan pada area tubuh kucing yang banyak dihinggapi kutu.

7. Minyak cedar

Rutin mengoles atau menyemprot ramuan minyak cedar dapat membasmi kutu kucing. Minyak esensial ini dikenal aman dan tidak beracun bagi kucing. Mengoleskan beberapa tetes minyak cedar pada bagian tubuh kucing yang terserang kutu akan membantu melenyapkan serangga tersebut dari hewan peliharaan Anda.

8. Pakai minyak telon

Anda punya persediaan minyak telon di rumah? Manfaatkan saja untuk menghilangkan kutu kucing! Minyak telon sangatlah ampuh dan praktis untuk dijadikan sebagai obat kutu kucing, di mana penggunaannya cukup dioleskan saja ke area tubuh kucing. Namun, jangan terlalu banyak dan pastikan kucingmu tidak menjilat minyak telon tersebut!

9. Jus Lidah Buaya

Jika Anda lebih suka cara alami untuk menghilangkan kutu kucing, Anda bisa mencoba jus lidah buaya. Cara membuat jus lidah buaya ini pun sangatlah mudah, di mana Anda bisa memasukkan lidah buaya ke dalam blender dengan mencampurkan sedikit cabe rawit. Setalah itu, saring jus dan masukkan ke dalam botol. Apabila sudah, Anda pun bisa menjadikan air saringan jus lidah buaya sebagai semprotan untuk membasmi kutu kucing.

10. Mandikan Kucing dengan Air Garam

Selain memanfaatkan shampoo khusus kutu kucing, Anda juga bisa memandikan kucing kesayangan dengan bahan-bahan alami. Silakan masukkan garam secukupnya ke dalam air hangat dan gunakan campuran tersebut untuk merendam dan membilas kucing. Perlu Anda ketahui, larutan garam tak hanya efektif untuk melenyapkan kutu kucing, tapi juga dapat menghilangkan larva ataupun telur dari kutu kucing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini