Dokter Ungkap Syarat Suatu Negara Bisa Hidup Berdampingan dengan Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 12 September 2021 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 481 2469998 dokter-ungkap-syarat-suatu-negara-bisa-hidup-berdampingan-dengan-pandemi-NzsWzY8tMT.jpg Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

BELUM lama ini sejumlah negara seperti Singapura dan Korea Selatan telah mendeklarasikan kepada warganya untuk bisa hidup berdampingan dengan pandemi covid-19. Alhasil, banyak orang bingung dengan hal tersebut lantaran ada sejumlah istilah baru yang muncul.

Pakar kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhamad Fajri Adda'i menjelaskan perbedaan antara pandemi dan epidemi yang sering membuat masyarakat bingung dalam mengartikannya.

Baca juga: Kenali 6 Protokol Kesehatan di Pemakaman Pasien Covid-19 

"Pandemi adalah ketika infeksinya itu meluas sehingga rumah sakit menjadi penuh, akibat tingkat keparahan yang cukup tinggi dan terjadi di beberapa negara," terang dr Fajri, seperti dikutip dari unggahan video-nya di akun Instagram-nya @dr.fajriaddai, Minggu (12/9/2021).

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

"Sementara epidemi adalah kondisi di mana penyakit tersebut berubah menjadi penyakit yang rutin seperti demam berdarah, malaria, dan lainnya. Jadi sakitnya itu banyak dan menetap," lanjutnya.

Baca juga: Sudah Berolahraga Berat Badan Tak Kunjung Turun, Apa Solusinya? 

Ia menambahkan, suatu negara bisa hidup berdampingan dengan pandemi ketika angka kasusnya terkontrol dan tidak terlalu banyak. Lantas, mengapa Singapura dan Korea bisa mengumumkan hal tersebut?

"Mereka memang mencanangkan hidup bersama pandemi pada Oktober ketika 80 persen populasi mereka sudah divaksin. Namun tetap harus menjaga protokol kesehatan, sementara monitor mereka tentang surveillance kesehatan seperti testing, tracing, treatment juga bagus. Sehingga tidak hanya dilepas tanpa persiapan, namun juga tetap patuh protokol kesehatan," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini