Ini Penyebab Penderita Diabetes Sering Terbangun Jam 3 Pagi

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 12 September 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 481 2470059 ini-penyebab-penderita-diabetes-sering-terbangun-jam-3-pagi-lMhInqXtmk.jpg Ilustrasi penderita diabetes sering bangun tengah malam. (Foto: Xb100/Freepik)

DIABETES membuat penderitanya harus menjaga asupan gula. Kemudian ada juga kebiasaan yang kerap terjadi yakni sering terbangun dini hari, sekira jam 3 pagi. Bangun tidur terlalu cepat dianggap tidak nyaman oleh sebagian orang.

Ternyata ada penyebab penderita diabetes sering bangun jam 3 pagi. Apa saja penyebabnya? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari laman Times of India, Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Nagita Slavina Tampil Mewah Pakai Baju Ratusan Ribu Rupiah, Netizen Ramai-Ramai Syok 

Ilustrasi penderita diabetes sering bangun malam.

1. Glukosa dilepaskan pada waktu yang sama

Seperti diketahui bahwa tubuh menggunakan glukosa untuk menghasilkan energi dan untuk bangun di pagi hari, dan Anda perlu memiliki energi ekstra. Jadi, tubuh mulai menggunakan glukosa yang disimpan untuk mempersiapkan tubuh di waktu berikutnya.

Pada saat yang sama, hati melepaskan glukosa ekstra dalam aliran darah karena hormon pertumbuhan, kortisol, dan katekolamin. Biasanya terjadi pada pagi hari sekira jam 2 sampai 3 untuk mempersiapkan tubuh supaya bangun pada jam tersebut.

Kemudian ditambah lagi obat diabetes tang diminum sebelumnya mulai dikurangi dosisnya. Hal ini menyebabkan kenaikan kadar gula darah di pagi hari.

Baca juga: Lezatnya Cireng Kerupuk ala Jerry Masterchef Indonesia, Dijamin Bikin Ketagihan 

2. Efek somogyi

Penyebab kedua, gula darah tinggi di pagi hari adalah karena efek somogyi yang disebut juga hiperglikemia rebound. Hal ini terjadi ketika kadar gula darah turun terlalu rendah pada tengah malam dan untuk menahan dari tingkat gula yang sangat rendah.

Pada saat itu tubuh akan melepaskan hormon yang memaksa hati untuk melepaskan glukosa yang disimpan untuk menstabilkan jumlah glukosa dalam tubuh. Tetapi dalam kasus diabetes, ketika hati melepaskan beberapa glukosa ekstra menyebabkan kadar gula darah tinggi di pagi hari.

3. Cara mengatasinya

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan membuat sering bangun jam 3 pagi, perlu dilakukan tindakan untuk mengendalikannya.

Anda dapat mendiskusikan situasi ini dengan dokter Anda agar bisa teratasi. Nantinya dokter memberikan resep dan solusi supaya jam istirahat tetap terjaga walaupun menderita diabetes.

Baca juga: Viral Petugas Parkir Bikin Penyok Mobil Mewah, Reaksi Pemiliknya Tidak Terduga 

Jika sering bangun jam 3 pagi, Anda bisa mengubah waktu atau jenis obat diabetes. Makan sarapan yang lebih ringan. Tingkatkan dosis obat pagi.

Sementara untuk efek somogyi yaitu kurangi dosis obat diabetes pada malam hari. Menambahkan camilan yang mengandung karbohidrat sebelum tidur. Mengubah jadwal olahraga Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini