Kasus Covid-19 Menurun, Menkes Terus Ingatkan Tetap Waspada

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 12 September 2021 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 481 2470200 kasus-covid-19-menurun-menkes-terus-ingatkan-tetap-waspada-t2vYHJIPeC.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Instagram @kemenkes_ri)

KASUS covid-19 di Indonesia belakangan ini terus menunjukkan perbaikan. Baik angka kasus positif maupun pasien yang meninggal dunia makin menurun.

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang sebelumnya diperketat, kini mulai dilonggarkan atau diturunkan levelnya menjadi 3 hingga 2 di beberapa wilayah Indonesia.

Baca juga:  Menkes: Reformasi Sistem Pelayanan Kesehatan Kunci Hadapi Pandemi 

Meski demikian, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan untuk tetap waspada. Hal itu diungkapkannya saat bincang-bincang virtual bersama Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo di Live IG 'Cerita Kita: Vaccine & Herd Immunity', Minggu (12/9/2021).

"Pesannya tetap waspada. Kita enggak tahu virus ini perilakunya seperti apa," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari Live Instagram @mncpeduli.id.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Saat ini, sambung dia, targetnya adalah membuat agar laju penularannya tidak membuat pasien covid-19 harus dirawat atau istilahnya flattening the curve. "Jadi, tujuannya bukan hapuskan pandemi, tapi mengontrol pandemi ini menjadi endemi," ujarnya.

Baca juga: Podcast Bareng Menkes, Deddy Corbuzier Ngaku Belum Divaksin saat Positif Covid-19 

Salah satu caranya adalah vaksinasi yang programnya sudah dijalankan sejak bulan Januari 2021. Selain vaksinasi, ada lagi yang tidak kalah penting, yaitu protokol kesehatan serta testing dan tracing.

"Memang it’s not only vaksinasi. Tetapi juga menerapkan prokes secara disiplin dan testing-tracing yang baik supaya bisa langsung teridentifikasi," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini