Mandi Air Hangat dan Dingin, Ternyata Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 12 September 2021 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 12 612 2470085 mandi-air-hangat-dan-dingin-ternyata-ini-manfaatnya-untuk-tubuh-URL7bRsA0t.jpg Ilustrasi manfaat mandi air hangat dan dingin. (Foto: Pixabay)

MANDI air hangat dan dingin jadi pilihan orang-orang untuk membersihkan tubuhnya. Rajin mandi diketahui baik untuk kesehatan, baik dari luar maupun dalam tubuh.

Mandi menggunakan air hangat ataupun dingin ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan artis kenamaan dunia yakni The Rock alias Dwayne Johnson juga sering mandi menggunakan air hangat dan dingin.

Berikut ini manfaat mandi dengan air hangat dan dingin untuk bagi kesehatan tubuh manusia, sebagaimana telah dirangkum dari laman Times of India dan Healthline, Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Ini Penyebab Penderita Diabetes Sering Terbangun Jam 3 Pagi 

Ilustrasi mandi.

Manfaat Mandi Air Hangat

Kemudian mandi air hangat dapat membantu merilekskan tubuh serta menghilangkan stres. Hal ini karena dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membuat lelah.

Manfaat mandi air hangat lainnya yang melancarkan pernapasan, mengikis kotoran atau daki, membantu otot jadi rileks.

Nah bagi Anda yang sedang flu atau pilek, mandi dengan air hangat bisa melegakan pernapasan, serta mengencerkan dahak.

Baca juga: Nagita Slavina Tampil Mewah Pakai Baju Ratusan Ribu Rupiah, Netizen Ramai-Ramai Syok 

Manfaat Mandi Air Dingin

Profesor dan Ketua Dermatologi Adam Friedman MD FAAD asal Amerika Serikat mengatakan bahwa jika Anda memiliki kulit yang sering gatal maka mandi dengan air dingin adalah solusinya. Menurut dia, mandi dengan air dingin mempunyai efek untuk tidak mudah menggaruknya saat kulit terasa gatal.

Selain itu, air dingin juga mampu melancarkan sirkulasi udara, mengurangi nyeri otot, membuat kulit dan rambut menjadi terlihat lebih cerah, serta bisa membuat semangat saat bangun tidur. Kemudian baik untuk otak Anda.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini