10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Selama Pandemi, Jadi Gak Gampang Sakit!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 13 September 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 481 2470357 10-cara-meningkatkan-imun-tubuh-selama-pandemi-jadi-gak-gampang-sakit-8SkV1A96cC.jpg 10 cara meningkatkan imun tubuh (Foto: Timesofindia)

ADA 10 cara meningkatkan imun tubuh yang bisa Anda lakukan saat pandemi. Menjaga imun tubuh di era pandemi memang penting dilakukan untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.

Imunitas yang terjaga membantu kesehatan tidak mudah drop selama pandemi. Berikut 10 cara meningkatkan imun tubuh yang dikutip dari Timesofndia dan Boldsky, Senin (13/9/2021).

1. Tidur yang cukup

10 cara meningkatkan imun tubuh

(10 cara meningkatkan imun tubuh, Foto: Boldsky)

Ini merupakan faktor yang penting dalam menjaga sistem kekebalan yang efisien, tidur yang cukup itu sangat penting. Jadikan tidur sebagai prioritas. Ini adalah waktu ketika tubuh memulihkan dan meregenerasi dirinya sendiri. Minimal enam hingga delapan jam tidur tanpa gangguan sangat penting dan vital untuk perkembangan tubuh.

2. Pertahankan Rutinitas

Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari dan bangun pada waktu yang sama, dan lakukan itu setiap hari secara teratur maka akan menjadi rutinitas yang sehat. Hal tersebut merupakan kunci kesehatan yang baik. Cobalah untuk menikmati semua makanan Anda pada waktu yang bersamaan. Ini membantu menstabilkan suasana hati, menjaga pencernaan tetap pada jalurnya dan berkontribusi pada kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga : Ini 6 Kebiasaan Baik untuk Tingkatkan Imunitas Selama Pandemi Covid-19

3. Konsumsi Makanan Sehat

10 cara meningkatkan imun tubuh

(10 cara meningkatkan imun tubuh, Foto: Boldsky)

Nutrisi dari makanan sehat yang Anda konsumsi sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Perbanyak sayuran berdaun, sayuran hijau, kacang-kacangan. Sertakan makanan super dan bahan kaya vitamin C dan D dalam diet harian Anda.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Malah Turunkan Imunitas Tubuh Loh

4. Berolahraga secara teratur

Coba sisihkan waktu Anda untuk berjalan, joging, berlari, melakukan yoga, atau menginvestasikan waktu dalam aktivitas fisik apa pun. Fokuslah untuk memiliki gaya hidup aktif, tidak peduli seberapa sibuk atau malasnya Anda. Gerakan apa pun membantu. Cobalah melakukannya secara teratur karena konsistensi adalah kuncinya.

5. Kelola stres

Stres nyatanya dapat mempengaruhi tubuh, pikiran, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Nikmati aktivitas yang membantu Anda mengelola stres. Hal ini tentu bisa menjadi hobi favorit Anda, meditasi, jurnal atau aktivitas perawatan diri apa pun. Jadikan relaksasi dan relaksasi sebagai hal yang konstan dalam hidup Anda. Merawat diri sendiri secara konsisten adalah cara terbaik untuk mendukung kekebalan dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

6. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

10 cara meningkatkan imun tubuh

(10 cara meningkatkan imun tubuh, Foto: Boldsky)

Air memainkan banyak peran penting dalam tubuh Anda, termasuk mendukung sistem kekebalan Anda. Cairan dalam sistem peredaran darah Anda yang disebut getah bening, yang membawa sel-sel kekebalan penting yang melawan infeksi ke seluruh tubuh Anda, sebagian besar terdiri dari air. Dehidrasi memperlambat pergerakan getah bening, terkadang menyebabkan gangguan sistem kekebalan.

Bahkan jika Anda tidak berolahraga atau berkeringat, Anda terus-menerus kehilangan air melalui napas, serta melalui urine dan buang air besar. Untuk membantu mendukung sistem kekebalan Anda, pastikan Anda mengganti air yang hilang dengan air yang dapat Anda gunakan, yang dimulai dengan mengetahui berapa banyak air yang benar-benar Anda butuhkan.

7. Perbaiki siklus tidur

Pastikan Anda tidur di waktu yang sama setiap harinya. Tidur nyenyak dalam waktu 6 hingga 7 jam membuat Anda bangun dengan perasaan segar di pagi hari.

Jika siklus tidur Anda kacau, cobalah untuk selalu konsisten melatih tidur di jam yang sama termasuk akhir pekan. Mendapatkan cahaya matahari pagi selama 30 menit setiap hari juga bagus unutk memperbaiki ritme sirkadian Anda.

8. Kumur dengan minyak kelapa murni

Mulut merupakan tempat jutaan mikroba, termasuk bakteri. Maka itu, lakukan hal ini untuk membantu menyingkirkan bakteri ini melalui penggosokan minyak di mulut dan di sela-sela gigi. Langkah ini tidak hanya membersihkan mulut, tapi juga membantu membasmi bakteri yang hinggap di mulut.

Minyak kelapa murni yang diperas adalah makanan baik yang direkomendasikan karena segudang manfaat kesehatannya. Hal itu disebabkan minyak kelapa mengandung vitamin E, asam laurat, dan asam kaprilat yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-virus.

Tambahkan 2 sendok minyak kelapa murni ke dalam makanan setiap hari bisa mempertahankan pola hidup sehat dan holistik.

9. Konsumsi madu 

Madu dipercaya dan digunakan banyak orang untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini disebabkan madu merupakan pemberi energi yang hebat dan memiliki sifat antibakteri serta antiseptik. Selain itu, madu murni mengandung anti-oksidan alami yang mendukung kekebalan imun secara keseluruhan. Namun hati-hati dalam memilih madu, banyak madu palsu yang beredar di pasaran.

10. Gunakan masker dua lapis jika beraktivitas di tempat umum

Ini merupakan kebiasaan baru yang harus diterapkan sebagai tindakan pencegahan covid-19 di tempat umum. Memakai masker dapat melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus. Masker juga memiliki manfaat tambahan untuk melindungi Anda dari alergi luar ruangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini