10 Cara Mengatasi Mata Bengkak, Aman dan Ampuh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 13 September 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 481 2470655 10-cara-mengatasi-mata-bengkak-aman-dan-ampuh-xDVzKaTN85.jpg 10 cara mengatasi mata bengkak (Foto : Boldsky)

ADA 10 cara mengatasi mata bengkak yang ampuh dan cepat. Mata bengkak bisa disebabkan bukan hanya karena terlalu banyak menangis. Mata yang membengkak juga bisa dipicu berbagai faktor lainnya, mulai dari kurang tidur, alergi, hingga dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata yang membengkak. Apa saja cara yang sehat dan aman untuk mengatasi mata bengkak? Mewarta Healthline, yang sudah ditinjau secara medis oleh dokter Kevin Martinez, M.D, Senin (13/9/2021) berikut ulasan singkat 10 cara sehat mengatasi mata bengkak.

1. Tidur cukup

10 cara mengatasi mata bengkak

(10 cara mengatasi mata bengkak, Foto: Boldsky)

Mendapatkan tidur malam yang baik dan teratur itu penting, dan jadi salah satu cara termudah mengurangi mata bengkak. Orang dewasa sendiri membutuhkan sekitar 7 hingga 9 jam tidur setiap malamnya. Agar tidur pasti cukup, buatlah rutinitas waktu tidur dan disiplin dalam menjalankannya. Contohnya, selesai makan malam sekitar 3 jam sebelum waktu tidur, selesaikan olahraga beberapa jam sebelum tidur dan matikan semua gawai elektronik seperti ponsel dan tablet mulai dari sejam hingga 2 jam sebelum tidur.

2. Siapkan bantal yang pas

Tidur dengan beberapa bantal di bawah kepala untuk menghindari cairan mengendap di sekitar mata. Jika tidak bisa tidur miring di atas bantal atau setumpuk bantal, coba angkat sedikit kepala tempat tidur untuk efek yang sama.

Baca Juga : 4 Pengobatan Rumahan yang Cepat Atasi Mata Bengkak

3. Kendalikan alergi

Periksakan diri ke dokter jika Anda mempunyai alergi musiman atau tahunan. Alergi dapat menyebabkan mata memerah dan membengkak. Bisa memicu keinginan untuk menggosok mata lebih besar lagi, yang akhirnya membuat mata jadi bengkak berkelanjutan.

4. Minum cukup air

Mata bengkak bisa jadi akibat dehidrasi loh! Makany, pastikan minum banyak air setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit. Biasakan setiap hari minum setidaknya 8 gelas air.

Baca Juga : 3 Tips Alami agar Mata Bengkak Sembuh

5. Hindari minuman beralkohol

Batasi atau hilangkan sama sekali konsumsi minuman beralkohol dan minuman lain yang dapat membuat tubuh jadi dehidrasi. Jika bosan dengan mineral, coba tambahkan air mineral dengan buah segar untuk tetap terhidrasi dan segar.

6. Kurangi konsumsi garam

Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi cairan tambahan dalam tubuh Ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti risiko masalah jantung dan stroke yang lebih besar. Menurut Food and Drug Administration (FDA), nilai harian natrium orang dewasa adalah 2.300 miligram. Namun, versi American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi konsumsi natrium cukup 1.500 miligram saja per hari.

7. Makan lebih banyak kalium

10 cara mengatasi mata bengkak

(10 cara mengatasi mata bengkak, Foto: Boldsky)

Kalium membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh. Salah satu cara makan lebih banyak kalium, dengan menambahkan pisang, kacang-kacangan, yogurt, dan sayuran hijau ke dalam makanan kita. Jika sudah makan makanan kaya kalium, coba periksa ke dokter apakah kadar kalium dalam tubuh Anda baik-baik saja atau apakah masih bisa menambahkan suplemen kalium untuk konsumsi harian.

8. Compress dingin

Cara sederhana lainnya, yakni dengan mengompres kantung mata dengan meletakkan waslap dingin di kelopak mata selama 10 menit. Ini dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan dari bawah mata. Selain itu, bisa juga dikompres memakai kantung teh hijau atau hitam karena teh mengandung antioksidan dan kafein yang dapat mengurangi peradangan dan menyempitkan pembuluh darah.

9. Krim mata

Banyak krim mata di pasaran yang bisa meredakan bengkak. Coba cari krim mata yang mengandung bahan-bahan seperti chamomile, mentimun, dan arnica yang mana mengandung sifat yang bisa mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

10. Periksa ke dokter

Jika bengkak pada mata kondisinya parah tak kunjung membaik walau sudah adaa perubahan gaya hidup atau mencoba pengobatan. Anda mungkin bisa periksa ke dokter dan mempertimbangkan operasi kosmetik. Salah satu jenis operasinya adalah blepharoplasty, yaitu operasi kelopak mata yakni memindahkan atau menghilangkan kelebihan lemak, otot, dan kulit di kelopak mata. Bisa juga direkomendasikan untuk perawatan laser, chemical peels, obat resep untuk membantu kasus mata bengkak yang serius.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini