3 Hal yang Wajib Diperhatikan untuk Hadapi Transisi dari Pandemi ke Endemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 14 September 2021 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 481 2470723 3-hal-yang-wajib-diperhatikan-untuk-hadapi-transisi-dari-pandemi-ke-endemi-TlrCV2ItaG.jpg Ilustrasi transisi dari pandemi ke endemi covid-19. (Foto: Felldy Utama/MNC Portal)

PANDEMI covid-19 telah menunjukkan penurunan yang cukup signifikan. Terbukti dengan turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah di Indonesia. Meski demikian, masyarakat diimbau jangan cepat puas dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Selasa (14/9/2021), masyarakat justru diimbau untuk hidup berdampingan dengan pandemi covid-19 dan bersiap melakukan transisi ke endemi.

Baca juga: Menkes Beberkan Kunci Hidup Berdampingan dengan Pandemi Covid-19 

"Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat, kita harus bersiap hidup berdampingan dengan kenyataan ini," tulis unggahan tersebut.

Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk menyambut transisi dari pandemi ke endemi, yakni:

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

1. Tidak euforia berlebihan sampai abai protokol kesehatan.

2. Pakai masker dalam berbagai kegiatan dan ketika berinteraksi.

3. Melakukan vaksinasi sesegera mungkin.

Baca juga: Kasus Covid-19 Menurun, Kemenkes: Bukan Berarti Bebas Kumpul-Kumpul 

Perlu diingat bahwa hal terpenting yang wajib dan tidak boleh dilupakan adalah pakai masker serta vaksinasi. Kedua komponen ini adalah kunci bagi masyarakat untuk berdamai dengan covid-19.

"Kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan covid-19. Ini penting saya sampaikan agar kita tidak euforia yang berlebihan, bersenang-senang yang berlebihan karena kita semuanya masyarakat harus sadar bahwa covid-19 selalu mengintip kita sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan terutama memakai masker," kata Presiden Joko Widodo.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini