Ciri-Ciri Rumah Sehat yang Penting di Era Pandemi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 13 September 2021 03:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 612 2470258 ciri-ciri-rumah-sehat-yang-penting-di-era-pandemi-OiBSRtkGLr.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KONSEP rumah sehat paling dicari orang selama pandemi. Seperti apa sih ciri-ciri rumah sehat?

Rumah yang sehat tentu harus bebas bakteri, virus dan jamur. Namun banyak keluarga yang tak menyadari hal ini.

Diakui Dokter Spesialis Anak dr Lucy Amalia SpA, MKes, di lingkungan rumah banyak terdapat bakteri, virus dan jamur. Apalagi di dalam rumah itu ruangan tertutup. Anak bisa sakit, begitu juga orangtua jika imunitasnya lemah.

 Rumah

"Ya, virus, bakteri dan jamur bisa menempel di alat rumah tangga, meja, kursi, lantai tembok dan ini area eksplorasi untuk anak, mereka suka megang-megang," katanya.

Karena itu, adanya sirkulasi udara di dalam rumah sangat perlu diperhatikan. Pastikan sirkulasi bagus, ada ventilasi, rumah terpancar dengan sinar matahari dan batasi jumlah orang yang ada di dalam satu rumah.

"Jadi semua jendela dan pintu, pagu-pagi harus dibuka. Sayangnya di negara ini kan panas, maka AC nonstop. Padahal harus ada sirlukasi udara di masa pandemi ini terpajan sinar matahari," jelasnya.

Sementara itu, dikatakan Franky M. Martono, perwakilan Kota Ketabumi Karawang di sela groundbreaking, tak hanya bagian dalam rumah yang diperhatikan, namun juga lingkungan sekitar. Masyarakat sekarang banyak yang telah peduli dengan gaya hidup sehat dan mereka mencari rumah dengan konsep healthy living.

"Adanya konsep healthy living yang menunjang kesehatan para penghuninya. Jadi selain keamanan privasi, mereka cari fasilitas untuk menunjang kesehatan,” tutur Franky lewat keterangannya.

Disebutkan Franky, salah satu fasilitas penunjang gaya hidup sehat yaitu adanya Clubhouse. Tempat ini berupa kolam renang, fitness center, serta ruang terbuka hijau lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini