4 Layanan Kereta Api yang Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 13 September 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 612 2470434 4-layanan-kereta-api-yang-wajib-tunjukkan-sertifikat-vaksinasi-covid-19-cP3Ws8bvf5.jpg Ilustrasi penumpang kereta api wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi covid-19. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

SEJAK 8 September 2021, PT KAI Commuter telah memberlakukan penggunaan sertifikat vaksinasi covid-19 sebagai syarat utama untuk menggunakan kereta rel listrik. Masyarakat yang hendak menaiki KRL harus bisa menunjukkan sertifikat vaksinasi minimal dosis pertama.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (13/9/2021), nantinya data sertifikat vaksinasi yang ditunjukkan kepada petugas akan dicocokkan dengan KTP atau identitas lain.

Baca juga: Viral Kisah Model Cantik Prancis Tiphaine Poulon Jadi Mualaf dan Menikah dengan Pria Aceh 

Sertifikat vaksinasi covid-19 yang dimiliki masyarakat dapat ditunjukkan melalui aplikasi PeduliLindungi, bentuk digital (foto), maupun bentuk fisik berupa fotokopi atau print.

Perlu diketahui, syarat sertifikat vaksinasi ini tidak hanya berlaku bagi para pengguna KRL, tapi juga diterapkan untuk kereta jarak jauh.

Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Beberapa layanan kereta api yang mewajibkan penggunanya untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi covid-19 di antaranya:

1. KRL Commuter Line Jabodetabek

2. KRL Yogyakarta–Solo

3. KA Prambanan Ekspres (Kutoarjo–Yogyakarta PP)

4. KA lokal yang dioperasikan PT KAI Commuter

Baca juga: Viral Sosialita Cantik Rela Jadi "Pembantu" di Rumah Ibu Mertua, Rajin Cuci Piring hingga Manjat Pohon 

Bagi masyarakat yang hendak bepergian menggunakan jasa transportasi kereta api, namun belum bisa divaksin karena alasan medis, dapat menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter di puskesmas maupun rumah sakit.

Masyarakat juga diminta terus menerapkan protokol kesehatan dengan cara mengenakan masker dan melakukan vaksinasi covid-19 sesegera mungkin. Sebab, memakai masker dan vaksinasi adalah ikhtiar bersama untuk melawan covid-19.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini