Jangan Pernah Berikan 7 Makanan Ini kepada Kucingmu, Berbahaya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Senin 13 September 2021 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 612 2470625 jangan-pernah-berikan-7-makanan-ini-kepada-kucingmu-berbahaya-Nwo7gfIIBG.jpg Kucing (Foto:Pet Web MD)

SAAT memutuskam untuk memelihara kucing, Anda harus siap dengan segala kebutuhannya. Termasuk dalam menyediakan makanan untuknya.

Anda pasti menginginkn kucing peliharaan Anda selalu sehat dan tumbuh menggemaskan, bukan? Karena itu lah Anda perlu memperhatikan setial makanan yang dikonsumsi si kucing.

Wajib diketahui juga bahwa ada beberapa makanan yang bisa membuat kucing Anda keracunan. Seperti beberapa jenis makanan berikut ini.

 cokelat

1. Cokelat dan minuman berkafein

Cokelat ternyata bukan hanya bisa berakibat fatal jika dikonsumsi anjing, tapi juga bisa membuat kucing keracunan. Pasalnya, coklat mengandung zat yang dapat menimbulkan muntah, diare, suhu tubuh tinggi, tremor otot, ketidaknormalan detak jantung, rasa tidak nyaman pada perut, rasa haus meningkat, bahkan bisa sampai kejang. Zat ini bernama Methylxanthines.

Methylxanthines juga ditemukan pada minuman mengandung kafein.

2. Akohol

Jika kucing Anda menelan alkohol, akibatnya adalah muntah, diare, tremor, disorientasi (kebingungan atau ilusi) , kesulitan bernafas, komas, dan yang paling menyeramkan adalah kematian.

3. Adonan Mentah

Jika Anda sedang membuat kue atau apapun yang berhubungan dengan adonan, jangan sekali-sekali iseng memberikannya pada si kucing ya. Adonan mentah dapat menciptakan alkohol dalam perut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya alkohol bisa berakibat fatal bagi si kucing.

4. Produk Susu

Jika Anda melihat kucing Anda begitu menyukai susu, sayangnya susu ataupun produk susu seperti keju dan yogurt, belum tentu baik untuk si kucing. Dilansir dari hillspet, kucing kesulitan mencerna kandungan laktosa dalam susu sehingga bisa menyebabkan sakit perut atau diare.

5. Anggur dan Kismis

Hillspet menyebutkan bahwa mengonsumsi anggur dan kismis dapat menyebkan sakit pada kucing dan dapat menyebabkan gagal ginjal, meskipun hanya memakan dalam jumlah sedikit.

Tanda-tanda ketika kucing Anda keracunan setelah mengonsumsi anggur dan kismis adalah muntah-muntah, lesu, diare, nafsu makan berkurang, sakit perut, dan berkurangnya buang air kecil.

6. Bawang Putih dan Bawang Merah

Dua jenis makanan ini sangat lazim dipakai dalam segala masakan khas Indonesia , tapi jangan pernah coba-coba memberikannya pada kucing Anda.

Bawang merah dan bawang putih dapat merusak sel darah merah pada kucing dan menyebabkan anemia. Maknan ini akan beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar

7. Makanan Anjing

Sebenarnya tidak ada efek keracunan ketika kucing Anda mengonsumsi makanan anjing. Hanya saja kandungan dari makanan anjing dan kucing itu berbeda. Kucing membutuhkan banyak vitamin A, taurin, asam arakidonat dan protein. Sementara pada makanan anjing tingkat nutrisi tersebut terbilang rendah.

Tanpa jumlah taurin yang cukup, kucing bisa mengidap penyakit jantung, penglihatan, dan masalah pada gigi.

Mulai sekarang perhatikan kembali apa saja yang dikonsumsi oleh kucing kesayangan Anda. Jangan sampai kuncing Anda mengidap penyakit yang tidak diinginkan karena kecerobohan pemiliknya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini