Viral Tanaman Monstera Dijual Rp225 Juta, Belinya Cuma Rp800 Ribu Loh

Intan Afika, Jurnalis · Senin 13 September 2021 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 612 2470681 viral-tanaman-monstera-dijual-rp225-juta-belinya-cuma-rp800-ribu-loh-ZhFbAhgGYa.jpg Tanaman Monstera. (Foto: TikTok)

BANYAK orang memilih untuk bercocok tanam saat pandemi Covid-19 ini. Tidak heran jika kemudian harga tanaman mengalami lonjakan yang tinggi.

Nah, belakangan beredar sebuah video viral yang memperlihatkan seorang warga yang membeli dua tanaman hias dengan harga fantastis. Tanaman yang dibeli merupakan tanaman The Monstera Variegata yang diketahui mempunyai tinggi sekitar 2 meter.

Pada unggahan tersebut, terlihat foto, video, dan kwitansi pembayaran atas nama usaha Sri Rejeki Sekar Kedaton Solo. Dalam kwitansi pembayaran itu tertulis harga Rp225 juta. Pemilik akun mengatakan bahwa tanaman tersebut merupakan milik tetangganya di Tawangmangu.

Dua tanaman itu awalnya dibeli dengan harga masing-masing Rp700.000 dan Rp800.000. Diketahui, butuh waktu sekitar 3 tahun untuk merawat tanaman itu dari kecil hingga bisa tumbuh besar dengan tinggi mencapai 2 meter.

Monstera

"Itu yang punya beli bibitnya cuma 700 ribu sama 800 ribu kak. Dua itu totalnya 1,5 juta. Tapi sudah dirawat lumayan lama sekitar 3 tahunan. Lumayan susah ngerawatnya," kata Kipli, pemilik akun melalui pesan Whatsapp, Senin (13/9/2021).

Sebelumnya juga sudah banyak kolektor tanaman hias yang menawar tanaman Monstera tersebut, mulai dari harga Rp100 juta hingga Rp180 juta. Tetapi, oleh pemilik tanaman belum juga diberikan. Hingga akhirnya, ia melepasnya dengan harga Rp225 juta berikut dengan bonus tanaman lainnya.

"Itu juga udah banyak yang nawar kak. Mulai dari 100 sampai 180 jutaan. Nah Bu Sri nawar paling tinggi, 225 juta tapi ada bonusnya," sambungnya.

Tanaman hias itu dibungkus oleh penjual dengan menutup daun-daunnya agar tidak rusak di dalam perjalanan yang dibawa menggunakan mobil bak terbuka. Video tersebut pun dibanjiri beragam komentar warganet. Beberapa warganet heran dengan tanaman yang dibanderol harga semahal itu.

"Bunga itu kegunaannya apa sih kok bisa beli semahal itu," tanya warganet.

"Wajarlah mahal, Monstera king jenis Variegata dan sudah besar lagi, itu lama banget prosesnya baru bisa besar kek gitu," kata warganet.

"Bagi yang bukan pecinta tanaman ini nggak masuk akal, tapi ini kenyataan. Tanaman juga bisa buat investasi, di Solo siapa yang nggak kenal Bunda Sri," tulis warganet.

"Di kampung saya tumbuhan itu tumbuh liar di pinggir sungai," kata warganet.

"Jenis ini emang mahal tuan dan nyonya netijen... jangan bilang di kampungku banyak banget.. lihat lagi iya apa enggak," timpal warganet lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini