Menkes Sebut Ada 3 Ribu Orang Positif Covid-19 Cuek Jalan-Jalan ke Mal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 13 September 2021 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 612 2470716 menkes-sebut-ada-3-ribu-orang-positif-covid-19-cuek-jalan-jalan-ke-mal-jJIsYLdlnL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN pemerintah sudah menerapkan aturan yang ketat untuk meminimalisir persebaran Covid-19, tapi masih saja ada masyarakat yang bandel. Bahkan, mereka yang terinfeksi Covid-19 masih cuek bepergian

Dalam Dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR yang disiarkan langsung di YouTube, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan sejak diluncurkan satu bulan yang lalu, telah tercatat ada lebih dari 29 juta orang yang melakukan checkin menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Yang mengejutkan, tetap saja ada yang 3.830 orang yang masuk dalam kategori hitam. Daftar hitam itu artinya positif Covid-19 tapi masih jalan-jalan," kata Menkes Budi dalam penjelasannya.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Budi menjelaskan beberapa ruang atau fasilitas publik yang paling banyak dikunjungi oleh daftar hitam Covid-19. Berdasarkan data yang dihimpun dari aplikasi PeduliLindungi, mall atau pusat perbelanjaan menjadi tempat yang paling berisiko tinggi.

"Ada 3 ribu orang positif Covid-19 yang masuk ke mall, ke bandara 43 orang, naik kereta 63 orang, masuk restoran 55 orang. Padahal orang ini sudah teridentifikasi positif Covid-19 yang harusnya stay di rumah atau di isolasi terpusat," katanya.

"Dengan demikian, pemerintah bisa melacak dan memastikan mereka bisa segera kita ambil dan melakukan isolasi," tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini