Kopi Lampung Ternyata Jadi Favorit Orang Mesir Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 14 September 2021 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 298 2470828 kopi-lampung-ternyata-jadi-favorit-orang-mesir-loh-4LzCzZxzV5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOPI Lampung sudah dikenal mendunia. Karena kenikmatannya yang khas, orang-orang Mesir pun melirik kopi Lampung.

Di Lampung biji kopi yang terkenal enak adalah jenis robusta. Setiap menyesap secangkir kopi robusta, sangat nikmat tiada tara.

Rasanya sangat khas dengan cita rasa pahit menggoda. Tak heran kalau kopi tersebut laku di pasar nasional sampai ke mancanegara.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengatakan, orang Mesir jatuh cinta dengan kopi robusta Lampung. Indonesia baru saja mengirim 600 metrik ton kopi Lampung ke Mesir. 

 Kopi

"Kita sangat bersyukur karena di tengah pandemi, kita bisa tetap bisa melakukan ekspor ini," ungkap Didi lewat keterangannya.

Didi menambahkan, jenis kopi yang dikirim ke Mesir tersebut merupakan kopi robusta yang tumbuh di wilayah Lampung dan Sumatera Selatan. Kopi-kopi tersebut memiliki cita rasa unik yang dipengaruhi oleh cara pengolahannya dan kekhasan iklim daerah.

Sementara itu, Perwakilan Perusahaan Perdagangan Indonesia Nina Sulistyowati menambahkan bahwa permintaan komoditi kopi dari Indonesia terus meningkat selama pandemi. Hal ini membuat para petani lokal bergembira.

"Para petani lokal ini ikut memhantu memenuhi permintaan kopi di luar negeri," katanya.

Bahkan Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf menyebutkan bahwa Indonesia menjadi peringkat pertama pengekspor kopi di Mesir. Dengan presentase sebanyak 54 persen.

"Selain kopi, diharapkan Indonesia juga mengenalkan produk pertanian lainnya seperti rempah-rempah, pala, lengkuas, kayu manis, kapulaga, dan juga potensi perikanan dan hasil laut”, tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini