5 Makanan Sehat untuk Atlet Bulu Tangkis, Bisa Bikin Smash Makin Kencang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 298 2471603 5-makanan-sehat-untuk-atlet-bulu-tangkis-bisa-bikin-smash-makin-kencang-hYqDWloaXm.jpg Ilustrasi atlet bulu tangkis Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan. (Foto: Reuters)

SEORANG atlet bulu tangkis harus menjalani pola hidup sehat agar performanya terus meningkat. Salah satunya adalah asupan makanan sehat. Ada banyak makanan penting bisa dikonsumsi pemain bulu tangkis supaya pukulannya lebih kencang dan bertenaga.

Makanan yang baik untuk atlet bulu tangkis adalah bergizi seimbang. Ini menjadi aspek penting yang harus dimiliki seorang atlet bulu tangkis. Dengan nutrisi yang sehat dan terjaga, pemain bulu tangkis bisa memiliki performa dan kemampuan yang maksimal saat berkompetisi.

Sebetulnya asupan makanan setiap atlet berbeda-beda dan disesuaikan kebutuhan masing-masing. Nah, berikut makanan penting yang wajib dikonsumsi para atlet bulu tangkis agar mampu tampil apik saat berkompetisi dan bisa bikin pukulan smash makin kencang, seperti dirangkum dari laman Badminton Blaze, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: 7 Makanan yang Bisa Bantu Tubuh Tumbuh Tinggi, Yuk Dicoba 

Kacang almond. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

1. Kacang almond (mengurangi kelelahan)

Almond adalah salah satu makanan bulutangkis terbaik. Makanan ini kaya akan lemak sehat, memungkinkan mengurangi kelelahan pemain saat berkompetisi. Almond kaya vitamin E dan B2, biotin, mangan, fosfor, serat, molibdenum, tembaga, dan mangan.

2. Pisang (penambah konsentrasi)

Pisang adalah sumber vitamin K yang sangat baik, kemudian bisa meningkatkan koagulasi dan konsentrasi. Selain itu, pisang juga memiliki nutrisi lain seperti sumber vitamin B6 dan C, mangan, potasium, tembaga, serta biotin. Seorang atlet bisa mengonsumsi sekira seperempat pisang setiap 15–20 menit selama pertandingan.

Buah pisang.

Baca juga: Dokter Gizi Beberkan Makanan Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Kulit 

3. Ikan salmon (meningkatkan penglihatan)

Salmon memiliki kandungan lemak sehat, protein, kalori, serta asam lemak omega-3. Omega 3 mengarah pada kesehatan jantung, kulit, dan penglihatan. Pemain bulu tangkis membutuhkan penglihatan dan reaksi yang cepat untuk dapat mengembalikan pukulan keras, sehingga salmon bisa menjadi kuncinya.

Ikan salmon. (Foto: Topntp26/Freepik)

4. Daging unggas tanpa lemak (membangun otot)

Manfaat utama protein adalah pembentukan otot. Daging unggas tanpa lemak memiliki pengaruh positif pada darah, tulang, tulang rawan, sendi, dan hormon. Daging unggas dapat diolah sangat mudah dengan cara memanggangnya, menggorengnya, atau menumisnya.

Ilustrasi daging unggas.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Khas Vietnam Ini Bisa Tingkatkan Imunitas, Patut Dicoba 

5. Telur (sumber protein)

Sebutir telur ayam mengandung 6 gram protein. Protein berkualitas tinggi mengurangi rasa kenyang dan meningkatkan kinerja fisik. Satu butir telur mengandung 13 vitamin dan mineral penting termasuk vitamin A, B2, B5, B12, D, serta E.

Mineral yang ada dalam telur adalah zat besi, yodium, biotin, kolin, asam folat, fosfor, dan selenium. Nutrisi ini memiliki manfaat kesehatan pada kesehatan jantung dan mata yang merupakan salah satu faktor terpenting dalam bulu tangkis.

Telur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini