Benarkah Tidak Boleh Suntik Vitamin saat Menstruasi? Ini Jawaban Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 481 2471625 benarkah-tidak-boleh-suntik-vitamin-saat-menstruasi-ini-jawaban-dokter-Ouk9u35Z2l.jpg Ilustrasi suntik vitamin saat menstruasi. (Foto: Freepik)

SUNTIK vitamin menjadi salah satu langkah yang banyak dilakukan masyarakat saat ini. Terlebih lagi di masa pandemi covid-19, karena semua ingin memastikan tubuhnya sehat dan kuat.

Suntik vitamin menjadi pilihan karena cara ini dipercaya lebih maksimal memberikan efek dibandingkan mengonsumsi suplemen vitamin secara oral atau diminum. Sebab, vitamin yang dimasukkan ke tubuh langsung ke aliran darah, tidak lagi melewati proses pencernaan.

Baca juga: Usai Vaksinasi Covid-19, Bolehkah Langsung Suntik Vitamin? 

Ilustrasi menstruasi. (Foto: Freepik)

Dikarenakan sifatnya langsung ke aliran darah, banyak perempuan khawatir melakukan suntik vitamin saat menstruasi atau haid. Beberapa mengatakan akan memberi efek nyeri dan tidak nyaman pada tubuh yang lebih besar. Benarkah demikian?

"Jika ditanya apakah saat menstruasi tidak boleh suntik vitamin karena akan membuat nyeri makin parah, jawabannya tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa kalau sedang haid itu tidak boleh suntik vitamin, termasuk vitamin C," papar Dokter Esther Kristiningrum dalam FGD Series MNC Media secara daring beberapa waktu lalu.

Baca juga: 4 Layanan Kereta Api yang Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 

"Jadi, tidak ada bukti kuat yang membenarkan suntik vitamin akan menambah buruk kondisi nyeri saat menstruasi," sambungnya.

Bahkan, dr Esther beranggapan bahwa dengan melakukan suntik vitamin saat menstruasi itu akan memberi manfaat pada tubuh si perempuan, misalnya suntik vitamin B.

Baca juga: CDC: Orang Tidak Divaksin 11 Kali Lebih Berisiko Meninggal Akibat Varian Delta 

"Biasanya perempuan kalau lagi menstruasi itu nyeri perut dan kurang fit badannya. Nah itu, justru bisa di-booster dengan suntik vitamin agar badannya segar lagi. Jangan-jangan rasa nyeri hanya sugesti saja," ungkapnya.

"Kalau suntik booster atau vitamin saat menstruasi, bisa saja badan si perempuan lebih segar. Jadi, mungkin saja kalau dengan suntik vitamin C atau B, kondisinya akan lebih baik. Lebih segar lagi," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini