Yuk Kendalikan Diabetes dengan 5 Pose Yoga Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 02:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 612 2471435 yuk-kendalikan-diabetes-dengan-5-pose-yoga-ini-SmnPqKIth0.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEMILIKI penyakit diabetes memang sangat berbahaya di masa pandemi Covid-19 ini. OLeh karena itu, para penderita diabetes pun disarankan untuk menjaga pola makan dan berolahraga.

Nah, jika memang kesujlitan untuk berolahraga berat, Anda bisa melakukan yoga untuk membantu mengurangi kadar glukosa darah pada pasien dengan diabetes tipe 2. Ketika resistensi insulin berkembang karena gula tetap berada dalam darah, alih-alih harusnya digunakan oleh tubuh sehingga menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Untuk pose gerakannya sendiri, ada beberapa pose yoga tertentu untuk para pengidap diabetes ini. Seperti direkomendasikan oleh guru yoga Grand Master Akshar, berikut lima pose yoga untuk pengidap diabetes yang membantu mengaktifkan pankreas, organ yang memproduksi insulin.

Grandmaster Akshar pun menyarankan setiap pose dilakukan ditahan selama 30 detik dan diulangi sebanyak 3 set. Tak perlu buru-buru, berlatihlah gerakan yoga ini dengan perlahan dan juga memperhatikan pernapasan diri sendiri.

Berikut ulasan singkatnya, sebagaimana dirangkum dari Hindustantimes.

Marjariasana

Yoga

Posisikan tubuh dalam kondisi berlutut lalu letakkan telapak tangan di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Tarik napas, lengkungkan tulang belakang untuk melihat ke atas kemudian hembuskan buang napas, bulatkan punggung dan letakkan dagu ke dada. Fokuskan pandangan ke titik pusar perut Anda.

Paschimottanasana

Yoga

Ialah posisi duduk membungkuk ke arah depan. Pertama, regangkan kaki ke depan dan pastikan lutut sedikit ditekuk. Angkat lengan ke atas dan jaga agar tulang belakang supaya tetap tegak. Buang napas lalu bungkukkan tubuh ke depan, letakkan tubuh bagian atas di tubuh bagian bawah.

Cobalah untuk memegang jempol kaki dengan jari-jari tangan. Penting diketahui, wanita hamil tak boleh melakukan gerakan ini! Sama halnya dengan orang-orang yang punya slip disc (bantalan tulang sudah robek sehingga gel di dalam sudah bergeser), linu di bagian panggul, asma dan penderita maag.

Adomukhi Svanasana

Yoga

Gerakan yang juga dikenal dengan sebutan Downward Dog. Mulai gerakan ini dengan posisi merangkak dan pastikan telapak tangan ada di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Angkat pinggul ke atas, luruskan lutut dan siku, dan buat tubuh membentuk huruf 'V' terbalik. Kemudian pisahkan tangan sampai selebar bahu, fokuskan mata pada jempol kaki.

Gerakan ini tidak boleh dilakukan jika menderita carpal tunnel syndrome atau diare, ibu hamil, dan orang yang mempunyai cedera kronis pada lengan, pinggul, bahu dan punggung. Untuk yang mudah pusing dan mempunyai tekanan darah tinggi, lakukan gerakan ini dalam tempo pelan perlahan.

Balasana

Yoga
Pertama duduk di atas matras yoga dengan posisi duduk di atas tumit, tarik napas dalam-dalam angkat lengan di atas kepala. Lalu buang napas dan tekuk tubuh bagian atas ke depan. Tempatkan kening di lantai dengan mengistirahatkan panggul Anda di tumit dan pastikan punggung tetap tegak, alias  tidak bungkuk.



Manduka Asana

Yoga

Biasa dikenal dengan sebutan pose katak, mulai posisi ini dengan duduk di matras lalu rentangkan tangan di depan tubuh.  Lipat ibu jari ke telapak tangan, bungkus empat jari yang tersisa di atasnya dan kepalkan kepalan tangan. Tekuk lengan di siku baru letakkan kepalan tangan Anda di atas pusar.

Tekuk tubuh bagian atas dan letakkan di atas tubuh bagian bawah dan regangkan leher sambil tetap memfokuskan pandangan  ke depan. Ingat, gerakan ini tak boleh dilakukan ibu hamil, orang dengan nyeri pada pergelangan kaki, mengalami cedera lutut atau punggung, orang yang  baru saja mengalami cedera atau operasi pada pergelangan kaki atau ligamen, dan orang yang mempunyai penyakit maag.


1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini