Jika Vaksin Sudah 70%, Menkes Sebut Warga Asing Bisa Masuk November

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 September 2021 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 612 2471853 jika-vaksin-sudah-70-menkes-sebut-warga-asing-bisa-masuk-november-vYWTb1anpp.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH memang masih sangat membatasi pergerakan masyarakat terutama yang bepergian dari luar ke dalam negeri ataupun sebaliknya. Lantas, kapan Indonesia akan membuka secara umum untuk warga negara asing?

Rencanannya, pembukaan tersebut akan dilakukan bertahap mulai dari dua bulan mendatang atau sekira bulan November 2021. Namun dibukanya perbatasan secara bertahap untuk para warga negara asing ini, tentu saja akan dilakukan dengan persyaratan yakni jika persentase vaksinasi setidaknya untuk dosis pertama sebanyak 70 persen dari jumlah populasi, sudah tercapai.

“Jadi kami berkonsentrasi pada vaksinasi dosis pertama. Kalau kita bisa vaksinasi 70 persen dari target populasi sebanyak 208 juta jiwa, kalau bisa mencapai 140-150 juta, 70% dengan dosis pertama, maka kita bisa mulai buka kembali (perbatasan) secara bertahap,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin seperti dikutip dari Reuters.

Menurut Menkes, strategi ini merupakan strategi penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah Inggris. Memprioritaskan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan bisa menurunkan angka keterisian rumah sakit dan kematian akibat infeksi Covid-19 menjadi lebih rendah. “Kalkulasi saya angka itu akan tercapai pada November,” lanjut Menkes Budi.

November 2021 menjadi deadline pertama kali yang ditargetkan oleh Menkes Budi terkait pembukaan kembali perbatasan negara. Untuk para warga negara asing, diketahui hanya yang memiliki visa diplomatik atau visa kerja, atau yang memenuhi syarat untuk pengecualian lainnya lah yang diizinkan masuk ke Indonesia.

Ke depannya, pengetatan pembatasan pada perbatasan akan dilonggarkan lebih jauh setelah 70 persen dari populasi target vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah menerima dua dosis vaksin.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini