10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Dicoba Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 611 2472337 10-cara-menghilangkan-bruntusan-di-jidat-dicoba-yuk-SdxsI0lb5G.jpg 10 cara menghilangkan bruntusan di jidat (Foto : Pinkvilla)

ADA 10 cara menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa Anda lakukan agar kembali bersih. Banyak hal yang memungkinkan sebagai penyebab adanya bruntusan di dahi. Mulai darĂ¼ jerawat, milia, folikulitis, biang keringat, infeksi jamur kulit, dermatitis kontak, dan masih banyak lagi.

Selain ada banyak penyebab, bruntusan ini juga bisa dihilangkan dengan berbagai cara. Melansir Teen Vogue pada Kamis (16/9/2021), berikut adalah 10 cara menghilangkan bruntusan di jidat.

1. Cuci Wajah Anda Setiap Hari

10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

(10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Foto: Boldsky)

Membersihkan dan merawat kulit Anda dua kali sehari adalah cara terbaik untuk mencegah timbulnya jerawat. Untuk keadaan darurat saat Anda terlalu lelah untuk mencuci muka, simpan setumpuk tisu wajah tas Anda. Dengan cara ini jika Anda pulang sangat larut dan tidak ingin pergi ke wastafel, Anda masih bisa tidur dengan kulit bersih!

2. Gunakan Pembersih Wajah yang Sesuai

Membeli pencuci muka tidak serta merta memperbaiki kulit Anda. Agar pembersih menjadi paling efektif, Anda harus memperhatikan kebutuhan kulit Anda dan memilih bahan yang sesuai.

Jika kulit Anda cenderung berminyak, pilih produk dengan asam salisilat, benzoil peroksida, atau asam glikolat. Untuk kulit sensitif, carilah pembersih lembut dengan asam laktat atau bahan yang menghidrasi seperti gliserin, yang tidak mengeringkan seperti yang dibuat untuk jenis yang lebih berminyak.

Baca Juga : 7 Cara Jitu Mengatasi Beruntusan di Wajah

3. Jangan Mengelupas Kulit Anda Secara Berlebihan

Mengeksfoliasi jerawat dapat menarik sel-sel kulit yang sehat dan membuat luka terbuka dan berisiko lebih tinggi untuk jaringan parut. Pengelupasan kulit harus dilakukan dengan hati-hati, dan maksimal tidak lebih dari 2-3 kali seminggu.

Baca Juga : Cara Efektif Hilangkan Beruntusan di Wajah

4. Ganti Handuk Wajah Anda Secara Teratur

10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

(10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Foto: Boldsky)

Menggunakan handuk kotor dapat menampung bakteri, dan bahkan dapat memasukkan bakteri baru ke kulit Anda, yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat. Untungnya, ini tidak berarti Anda harus mencari handuk baru setiap kali mencuci muka. Selama Anda benar-benar membersihkan semua riasan, Anda dapat tetap mengganti handuk setiap minggu.

5. Melembapkan

Khawatir pelembab akan memperburuk jerawat Anda? Pikirkan lagi! Karena itu benar-benar dapat membantu memperbaiki kulit Anda. Jika permukaan kulit kering dan dehidrasi, kelenjar minyak cenderung memproduksi minyak secara berlebihan dan ini dapat memperburuk jerawat.

Menghidrasi permukaan kulit dapat menyeimbangkan kembali kelenjar minyak dan membantu mengendalikan jerawat dan meningkatkan penyembuhan. Saat membeli pelembab, disarankan untuk mencari produk ringan berbasis minyak yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

6. Gunakan Tabir Surya yang Tidak Menyumbat Pori-pori

Sementara SPF adalah suatu keharusan, beberapa tabir surya dapat memicu jerawat. Anda ingin mencari formula bebas minyak dan non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori.

7. Jangan Menggunakan Riasan Saat Anda Berolahraga

10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

(10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Foto: Boldsky)

Luangkan waktu ekstra lima menit sebelum melompat ke treadmill untuk mencuci muka sepenuhnya dan menghapus riasan untuk meminimalkan risiko berjerawat. Keringat dikeluarkan melalui pori-pori yang terlihat di kulit.

Saat riasan menutupi pori-pori itu, penghalang itu tidak memungkinkan keringat untuk naik ke permukaan kulit, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Kotoran dan bakteri yang terperangkap adalah tempat berkembang biak yang sempurna untuk benjolan jerawat.

8. Sesuaikan Diet Anda

Makanan apa pun yang menyebabkan lonjakan insulin dapat menyebabkan peradangan dan jerawat. Sayuran berdaun hijau dan buah serta sayuran berwarna cerah lainnya yang kaya akan antioksidan dan nutrisi mengurangi peradangan dan meningkatkan kualitas kulit.

Batasi asupan produk susu, yang dapat mengandung hormon dan antibiotik yang dapat memperburuk jerawat. Makanan super penambah kulit lainnya termasuk telur, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan quinoa.

9. Minum banyak air

Minum delapan gelas Anda tidak akan secara ajaib membersihkan kulit Anda, tetapi minum air meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Plus, itu tidak akan berkontribusi pada jerawat Anda seperti gula dan kafein yang ditemukan dalam soda dan kopi.

10. Ganti Sarung Bantal Anda

Seprai dan sarung bantal yang tidak dicuci menyebabkan kontaminasi silang yang menyebabkan jerawat. Bertujuan untuk mencuci sarung bantal Anda sekali atau dua kali seminggu untuk mencegah bakteri menumpuk dan mempengaruhi kulit Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini