Vaksin Lansia Masih Tak Memuaskan, Angka Kematian Catat yang Tertinggi

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 00:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 612 2472029 vaksin-lansia-masih-tak-memuaskan-angka-kematian-catat-yang-tertinggi-asVGQfdxXW.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PENGENDALIAN kasus Covid-19 Indonesia memang menjadi salah satu yang terbaik. Bahkan, tingkat vaksinasi yang telah dilakukan di Indonesia termasuk dalam 10 besar di dunia.

Sayangnya, tingkat vaksinasi untuk kelompok yang cukup rentan yakni lanjut usia (lansia) masih tergolong rendah. Seperti diketahui, lansia dan anak-anak menjadi kelompok yang rentan terpapar virus Covid-19.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksi nlansia Indonesia nyatanya masih rendah, yang akhirnya berhubungan pada angka kematian pada kelompok lansia akibat Covid masih jadi yang tertinggi.

 

“Angka kematian pada kelompok lansia akibat Covid masih tertinggi, cakupan vaksinasinya masih rendah,” ujar dr. Siti Nadia, dalam siaran pers Update PPKM di akun chanel Youtube Sekretariat Presiden.

Dari catatan data per Selasa 14 September 2021, ada tiga Provinsi dengan cakupan vaksinasi lansia yang masih sangat rendah. Tercatat, tiga Provinsi dengan cakupan unvaccinated (0 dosis) yakni Sumatera Barat 92,8 persen, Aceh 92,7 persen, dan Papua setinggi 92,2 persen.

Melihat kenyataan data di lapangan, dr Siti Nadia mengimbau para pengambil kebijakan atau pemerintah di daerah segera menyusun strategi untuk segera bisa memvaksinasi kelompok populasi rentan ini. Mengingat, masing-masing daerah punya keunikan dan masalahnya masing-masing.

Kemenkes menyarankan, pertama yang dilakukan adalah membuat lokasi vaksinasi jadi lebih mudah diakses atau mudah dijangkau. “Disarankan tempat vaksinasi adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh lansia, baik secara geografis atau secara ekonomi,” imbuhnya.

Lalu diikuti dengan sosialisasi untuk mengedukasi informasi seputar vaksinasi Covid-19, bahwasanya vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia aman dan berkhasiat. Selain itu, sosialisasi, edukasi informasi yang mudah dipahami lansia juga harus diperjelas. Komorbid idealnya tidak menjadi halangan bagi lansia untuk divaksin.

"Sekali lagi, vaksin yang kita pakai saat ini vaksin yang sangat aman dan efektif untuk menekan angka kasus positif dan angka kematian akibat Covid, termasuk pada lansia dan orang yang memiliki komorbid. Jadi jangan ragu,” tandas dr. Siti Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini