Banyak Varian Baru Covid-19, Apa Vaksin yang Paling Ampuh?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 612 2472345 banyak-varian-baru-covid-19-apa-vaksin-yang-paling-ampuh-dCM7IzZWYO.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEMUNCULAN varian-varian baru virus Covid-19 memang memunculkan tanda tanya pada kemampuan vaksin. Pasalnya, beberapa varian baru seperti varian delta menunjukkan penurunan efikasi vaksin, bahkan varian mu bisa menghindari antibodi vaksin.

Lantas apakah vaksin yang sekarang masih relevan digunakan atau harus menunggu vaksin baru terlebih dahulu? Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mengatakan bahwa vaksinasi tidak bisa ditunda dan penting untuk dilakukan.

Merangkum dari laman Instagram pribadi dr. Fajri, @dr.fajriaddai, Kamis (16/9/2021), berikut tiga alasan mengapa seseorang wajib melanjutkan program vaksinasi Covid-19.

1. Vaksin yang tersedia di Indonesia masih mempan untuk melawan semua varian yang ada seperi Alpha, Beta, Gamma, dan Delta yang saat ini sedang menyebar secara krusial.

2. Hingga saat ini belum ada publikasi atau analisis tandingan yang menyatakan vaksin Covid-19 tidak berguna. Jadi data mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang ada saat ini masih berguna untuk melawan Covid-19 yang berat.

3. Walaupun laporan mengatakan di bulan keenam kadar antibodi akan menurun pasca divaksinasi, namun itu bukan berarti mengurangi manfaat dari vaksin tersebut. Sebab sistem kekebalan kita tidak hanya antibodi. Jadi vaksin itu bagus dan semua harus divaksin.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini