Suka Tantangan? Anda Bisa Nikmati Sensasi Aktivitas Seru di Desa Wisata ini, Lho!

Karina Asta Widara , Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 12 2472958 suka-tantangan-anda-bisa-nikmati-sensasi-aktivitas-seru-di-desa-wisata-ini-lho-xBpfBqN35Z.jpg Foto : wisatabatulayang.com

Siapa yang tidak terbuai dengan pesona desa wisata yang ada #DiIndonesiaAja. Selain menyuguhkan panorama keindahan alam dan adat istiadatnya, berlibur ke desa wisata yang ada di Indonesia juga dapat memberikan pengalaman menarik melalui beragam aktivitas serunya. Punya jiwa traveling dan nyali yang cukup besar? Nah, Anda bisa mencoba sensasi aktivitas seru di desa wisata berikut ini.

1. Offroad di Batulayang Bogor

 

Foto : eventpuncak.com

Desa Wisata Batulayang berlokasi di Kampung Pasir Manggis, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Beragam aktivitas seru pun bisa Anda lakukan di sini seperti outbound, camping, menikmati ragam kuliner tradisional, hingga aktivitas seru lainnya. Tapi, jika Anda yang memiliki nyali besar dan suka berpetualang, Anda tak boleh melewatkan kegiatan affroad mengelilingi puncak perbukitan di sekitar desa ini dalam durasi yang bervariatif. Kegiatan ini dijamin super seru karena Anda akan dibawa menyeberangi sungai dengan ATV di jalanan berbatu yang cukup menantang.

Desa ini memiliki udara pegunungan yang sejuk serta panorama alam yang indah seperti Air Terjun Curug Kembar serta aliran Sungai Cimandala yang jernih. Karena kebersihannya, desa ini mendapatkan gelar desa wisata berkelanjutan, sebab dinilai mampu memperhatikan aspek lingkungan dan sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Nah, jika Anda berencana datang ke Desa Wisata Batulayang Bogor ini, jangan lupa juga untuk menikmati kuliner khas Bogor seperti, soto mie, doclang, toge goreng, atau berkunjung ke Cimory Riverside untuk menikmati keindahan alam sambil minum olahan susu segar dan aneka kuliner lezatnya disana. Tapi, buat Anda yang masih #DiRumahAja, Anda tetap bisa menikmati beragam kuliner khas Bogor dengan #BeliKreatifLokal secara online melalui aplikasi pesan antar yang ada di ponsel Anda.

2. Jelajah Gua Memikat di Jatimulyo

 

Foto: Campatour.com

Jika Anda menyukai dataran tinggi, Desa Wisata Jatimulyo bisa jadi salah satu referensinya. Desa wisata ini terletak pada ketinggian 500-800 mdpl di Kawasan Pegunungan Menoreh, tepatnya di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di sini terdapat Gua Kiskendo yang berada di kawasan perbukitan karang di sisi utara Kulon Progo. Gua ini terlatak pada ketingian 1200 mdpl dan memiliki panorama bawah tanah yang sangat memikat. Tak hanya itu, keindahan pada gua ini juga ditunjukkan pada ornamen serta stalaktit dan stalakmit yang ada di dalamnya. Ketika masuk ke dalam gua, Anda akan melihat ruang-ruang yang memiliki nama dengan sejarahnya masing-masing.

Uniknya lagi, terdapat bebatuan unik yang menjadi pusat perhatian, karena menurut warga setempat batu tersebut dianggap menyerupai lidah sebagai perwujudan lidah Lembusura yang konon dipotong Subali pada Cerita Rakyat Jawa Timur.

Selain keindahan alam dan budayanya yang kental, Desa Wisata ini juga menyajikan kulinernya yang khas seperti kopi sulingan, madu lebah, dan masih banyak lagi oleh-oleh khas Kulon Progo. Anda bisa mencicipinya meski #DiRumahAja dengan #BeliKreatifLokal secara online.

3. Menikmati Sunrise di Pujon Kidul

 

Foto: heydayat.com

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Namun, ada satu kegiatan yang wajib Anda lakukan, yakni menikmati keindahan sunrise ditemani hawa sejuk Desa Wisata Pujon Kidul melalui Bukit Amping. Pemandangan yang indah serta gunung-gunung menjulang, membuat pesona tempat ini semakin mengagumkan.

Selain menikmati sensasi pemandangan di atas ketinggian, aktivitas seru lainnya juga bisa dilakukan di desa wisata ini, yaitu mengunjungi kampung budaya untuk melihat secara langsung aktivitas masyarakat asli, lalu bisa juga melihat proses pengolahan susu di Pawon Ndeso, belajar membuat batik tulis, topeng, bermain gamelan, dan belajar tarian tradisional di Rumah Belajar.

Saat berkunjung ke Malang nanti, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner atau oleh-oleh khas daerah ini. Tapi selama perpanjangan PPKM ini, Anda bisa membelinya secara online melalui media sosial pelaku usahanya atau aplikasi pesan antar yang ada di ponsel Anda.

4. Snorkeling dan Diving di Desa Pemuteran, Bali


 Foto: Baligateway.com

Nah, jika Anda memiliki hobi berenang dan menyelam, tentu pengalaman satu ini jangan pernah Anda lewatkan. Ya, apalagi kalau bukan snorkeling dan diving di Desa Wisata Pemuteran, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasi desa wisata ini berjarak sekitar 400 km dari kawasan tempat wisata Denpasar dan 114 km dari kawasan tempat wisata di Karangasem.

Pantai Pemuteran Buleleng Bali merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan khususnya untuk melihat sunset di Bali. Keindahan bawah lautnya juga menjadi surga bagi para pencinta snorkeling dan diving, karena diyakini bahwa di dalamnya terdapat 80 persen jenis spesies terumbu karang yang ada di dunia. Sehingga, tidak heran jika terdapat jutaan ikan laut dengan berbagai ukuran dan warna yang cantik tinggal di sana.

Jika nanti berwisata ke Bali, jangan lupa untuk sempatkan mencicipi makanan khas Bali seperti ayam betutu, sate lilit, lawar, dan masih banyak lagi kuliner lezat yang ada di Bali. Selain itu, tak lengkap jika tak membawa oleh-oleh dari para pelaku usaha disana seperti kain Bali, batik Bali, udeng, lukisan, dan masih banyak lagi. Tapi, buat Anda yang saat belum bisa berwisata ke Bali, Anda dapat #BeliKreatifLokal secara online di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja.

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata selam, ada beberapa protokol yang perlu diperhatikan seperti menggunakan alat milik sendiri atau jika menyewa, pastikan alat tersebut sudah didisinfektasi, lho! Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir ya karena Kemenparekraf telah menerbitkan program Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) yang sudah mulai disosialisasikan dalam sektor pariwisata. Penerapan sertifikasi CHSE dan protokol kesehatan tidak hanya memastikan kesiapan industri pariwisata untuk bangkit, tapi juga meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk kembali berwisata. Dengan adanya program CHSE dalam kegiatan wisata, wisatawan bisa kembali menikmati keindahan alam dengan cukup aman dan nyaman di destinasi wisata.

Selain itu, Menparekraf Sandiaga Uno juga mengatakan, Indonesia sangat kaya dengan objek wisata yang mengagumkan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan pariwisata yang berbasis protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

 “Jadi kita mempersiapkan sektor pariwisata dengan protokol kesehatan, ditambah cakupan vaksinasi yang lebih luas. Insya Allah pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kita ini bisa bangkit,” tutur Sandi.

Tapi sebelum merencanakan liburan, jangan pernah lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas. Selain itu, lakukan juga vaksinasi Covid-19 demi mendorong percepatan pemulihan perekonomian nasional, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Nah, untuk mendapatkan informasi seputar destinasi wisata yang ada #DiIndonesiaAja, Anda wajib banget follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya! Selain dapetin informasi seputar wisata, jika sudah mem-follow Anda juga bisa ikutan Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya.

Cara ikutannya gampang banget. Cukup dengan like unggahan PUKIS terbaru. Lalu, jawab pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Mau peluang menang semakin besar? Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya! Raih kesempatan untuk dapetin beragam hadiah menarik. Semoga Anda beruntung!

(CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini