4 Destinasi dengan Sunset yang Memesona #DiIndonesiaAja

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 12 2472989 4-destinasi-dengan-sunset-yang-memesona-diindonesiaaja-87gEX5VxTh.jpg Pantai Kuta Mandalika, Lombok (Foto: Dok @mvlombok)

Saat jalan-jalan #DiIndonesiaAja Anda bisa menikmati banyak spot terbaik untuk melihat sunset atau matahari tenggelam misalnya di pantai, gunung, danau, atau bukit.

Anda bisa menikmati hal tersebut sambil berlibur bersama keluarga atau orang-orang yang Anda sayangi tentunya. Eitss, tapi ada baiknya untuk berlibur ketika keadaan mulai membaik. Selain itu, sebelum berlibur Anda harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dan jangan lupa untuk selalu disiplin protokol kesehatan, ya!

Sebagian orang bahkan menjadikan waktu liburannya hanya sekadar untuk berburu sunset. Orang-orang biasanya mengabadikan momen tersebut melalui foto untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan yang berharga. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan referensi spot sunset terbaik lainnya yang ada #DiIndonesiaAja, yuk follow juga akun Instagram @pesonaid_travel!

Berikut 4 destinasi dengan sunset yang memesona #DiIndonesiaAja:

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

 

Foto. Instagram @infowisatagunungbromo

Keindahan wisata Gunung Bromo, bukanlah hal yang asing lagi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung Bromo merupakan Kawasan wisata yang cukup luas, letaknya terdiri dari 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo ini memang menyimpan pesona keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. Gunung ini menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dengan ketinggian 2.392 meter dpl, suhu udara di puncak Gunung Bromo berkisar antara 2 hingga 20 derajat celcius.

Di puncak Gunung Bromo, Anda dapat melihat pemandangan kawah luas dengan diameter 600 meter. Salah satu tempat paling memikat untuk menyaksikan sunset di Gunung Bromo adalah Puncak Penanjakan, salah satu spot wisata terkenal di Gunung Bromo.

Saat mentari mulai kembali ke peraduannya dan langit berubah lembayung, hamparan pasir luas laksana gurun akan tampak diselimuti rona jingga. Sungguh keindahan alam yang sangat memukau. Bagaimana? Apa sudah terbayang? Sabar dulu ya hingga suasana membaik.

Jika nanti sudah bisa berkunjung, jangan lupa nikmati juga kuliner khas Jawa Timur, seperti rawon, pecel Madiun, soto Lamongan, nasi tempong, lontong balap, hingga nasi krawu. Tak perlu khawatir, kuliner tersebut juga bisa Anda pesan secara online melalui media sosial pelaku usahanya seperti @rawonjawatimurbatam atau @lontongbalappakgendutsurabaya.

2. Pantai Kuta, Bali

 

Foto. Instagram @sheratonkuta

Jangan bilang Anda sudah pernah ke Bali, jika belum mengunjungi Pantai Kuta. Tempat wisata yang satu ini sudah menjadi ikon dari wisata pantai di Pulau Bali. Pantai Kuta tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, namun juga dikenal dengan sangat baik oleh wisatawan mancanegara.

Tempat wisata yang berada di pesisir selatan Pulau Bali ini memiliki keindahan yang luar biasa. Garis pantainya membentang sepanjang 2 kilometer dan berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Hamparan pasir putih, deburan ombak khas pantai dan deretan pohon kelapanya menjadi pemandangan yang wajib Anda abadikan dengan kamera ketika nanti Anda berkunjung ke sini.

Keindahan pemandangan matahari terbenam di Pantai Kuta sudah tidak perlu diragukan lagi. Menikmati momen terbenamnya matahari sambil ditemani kuliner khas Bali, seperti nasi jinggo, sate lilit, ayam betutu, bebek bengil, rujak bulung, atau rujak Buleleng, tentu menjadi pengalaman yang menarik. Jika belum bisa menikmatinya langsung, Anda juga dapat #BeliKreatifLokal secara online melalui media sosial pelaku usaha seperti @satelilitbal1 atau @bebekbengilid, ya!

3. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

 

Foto. Instagram @ombaksunset

Gili Trawangan, pulau mungil yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sejak awal tahun 2000 telah banyak digandrungi turis domestik hingga mancanegara. Dunia mengenal Gili Trawangan sebagai pulau dengan sajian lanskap yang komplet. Mulai dari daratan pasir hingga pesona alam bawah lautnya. Seluruh pantainya berpasir putih dan biota laut yang masih terjaga.

Tak cuma itu, Gili Trawangan tersohor sebagai tempat terbaik di Lombok untuk menyaksikan matahari tenggelam dengan keemasan atau biasa disebut golden sunset. Untuk menikmati pemandangan ini, wisatawan biasa menikmatinya dari dermaga.

Matahari keemasan dan langit yang mulai gelap akan membuat Anda terpesona. Sambil menikmati golden sunset Anda bisa #BeliKreatifLokal kuliner khas Lombok, seperti sate rembiga, sate tanjung, nasi balap puyung, hingga ayam taliwang. Selain itu, Anda bisa lho beli online melalui media sosial pelaku usahanya seperti @sharebeforeeat atau @ayamtaliwangirama.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

 

Foto. Instagram @wisna_bali

Di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, ada banyak tempat terbaik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan langit senja yang spektakuler. Hal ini lah yang membuat Labuan Bajo terkenal dengan sebutan kota matahari terbenam.

Lokasi yang menjadi gerbang masuk ke Pulau Komodo, membuat Labuan Bajo jadi tempat wisata favorit #DiIndonesiaAja. Tak jauh dari Bandara Komodo, wisatawan dapat menikmati pemandangan lautan yang luas dan sangat memesona saat matahari tenggelam. Di sepanjang pantai, terdapat banyak hotel dan resor yang menghadap langsung ke pantai dengan pemandangan sangat indah.

Ketika keadaan telah membaik dan Anda sudah bisa berkunjung ke Labuan Bajo, kuliner khasnya juga tak kalah nikmat untuk disantap sambil menikmati sunset, seperti kolo, sup ikan kuah asam, jagung bose, tumis bunga pepaya, atau roti kompyang. Selain menikmatinya secara langsung, Anda juga bisa pesan online melalui akun media sosial @kitchenjourneywithyv atau @rm.ikankuahasam_alak.

Itulah 4 destinasi #DiIndonesiaAja dengan spot sunset memesona yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu liburan saat situasi mulai terkendali. Ketika berwisata nanti, Anda tetap wajib disiplin protokol kesehatan, ya! Dengan kesadaran yang kita miliki ini, tentu sangat berarti bagi percepatan pemulihan sektor pariwisata Indonesia, serta sebagai bagian dari partisipasi dalam rangka Hari Pariwisata Internasional pada 27 September 2021 mendatang.

 

Foto. Wonderfulimage.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaf), Sandiaga Uno menyatakan banyaknya kekayaan wisata Indonesia yang luar biasa dan mengagumkan harus mampu kembali menunjukkan geliatnya. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan pariwisata yang berbasis protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Jadi kita mempersiapkan sektor pariwisata dengan protokol kesehatan, ditambah cakupan vaksinasi yang lebih luas. Insya Allah pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kita ini bisa bangkit,” tutur Sandi.

Menparekraf mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, berinovasi, dan menerapkan aspek-aspek dari #InDOnesiaCARE pada sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19 ini.

Di samping itu, pihaknya juga terus mendorong implementasi program CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di tempat wisata maupun sentra ekonomi kreatif (ekraf) guna memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman kepada wisatawan. Hal ini merupakan bagian dari adaptasi sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19.

Sebagai warga negara yang baik, kita juga wajib mendukung upaya Pemerintah dalam memerangi pandemi, seperti disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Di samping itu, bagi Anda yang belum menerima vaksin Covid-19, harus sesegera mungkin untuk melakukan vaksinasi, ya! Agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus corona. Sehingga ketika sudah waktunya Anda berlibur ke berbagai tempat wisata yang sudah mulai dibuka secara bertahap nanti, Anda lebih siap dan tak perlu khawatir.

Sambil menunggu waktu yang tepat untuk berwisata menikmati sunset #DiIndonesiaAja, Anda bisa mengikuti Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekan. Caranya sangat mudah! Anda tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Kemudian, jawablah pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya!

Buat Anda yang beruntung bisa memenangkan beragam hadiah menarik. Yuk, buruan ikutan!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini