Pandemi Bikin Makanan Berbasis Nabati Makin Digemari Anak Muda

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 298 2473022 pandemi-bikin-makanan-berbasis-nabati-makin-digemari-anak-muda-tZuP59YHYJ.jpg Makanan berbasis nabati (Foto: Boga Grup)

PANDEMI Covid-19 yang sudah berlangsung kurang lebih hampir dua tahun, telah mengubah kebiasaan dan pola hidup masyarakat. Salah satunya kepedulian soal konsumsi makanan yang lebih sehat.

Mengingat, menjaga kesehatan tubuh dan imunitas agar tetap terjaga dengan baik adalah hal yang sangat penting di masa pandemi seperti saat ini. Hal ini juga berpengaruh pada perkembangan tren makanan sehat, yakni plant based yaitu makanan berbasis nabati.

Seperti disebutkan Max Mandias, chef plant based foot bersertifikasi sekaligus salah satu pendiri Green Rebel, tren soal makanan plant based sebagai pilihan gaya hidup yang lebih sehat sekarang, terlebih karena pandemi Covid-19 saat ini sudah berkembang pesat.

“Iya dong berkembang, sebenarnya kalau dilihat trennya, jumlah ketertarikan orang akan makanan plant based di 2013 dengan sekarang 2021, itu jauh banget bedanya,” ujar Max dalam siaran langsung peluncuran “Plant Based Meat Series Pepper Lunch-Kimukatsu dan Green Rebel”, Jumat (17/9/2021).

Kikumatsu

Max menambahkan, 8 tahun lalu kebanyakan vegetarian motivasinya masih terbatas karena keyakinan dan kesehatan. Tapi sekarang, tren mulai berkembang juga ke para pencinta binatang dan pencinta lingkungan yang menjadi melek akan makanan berbasis nabati atau plant based meal.

“Dulu vegetarian banyak stigma tertentu kesannya eksklusif banget dan motivasinya terbatas. Sekarang orang-orang kayak animal lovers dan pencinta lingkungan itu juga ikutan. Oleh karena itu, demografinya meluas terutama di generasi muda,” imbuhnya.

Senada dengan Max, David Susanto, Komisaris Boga Group menyebutkan tren akan makanan plant based di Indonesia bukan hanya di kota besar tapi juga di kota-kota kecil.

“Gaya hidup saat ini, sudah mulai penasaran sama makanan plant based. Market growing, enggak cuma di kota-kota besar tapi juga di kota-kota kecil. Terutama pada generasi muda, lebih aware akan lifestyle yang sehat,” pungkas David.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini