12 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Senyum Kembali Percaya Diri!

Calista Angelina, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 481 2472674 12-cara-menghilangkan-karang-gigi-yang-sudah-mengeras-senyum-kembali-percaya-diri-4qom4gdmrC.jpg 12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras (Foto: Boldsky)

ADA 12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, salah satu masalah penyebab kepercayaan diri menurun. Karena senyum jadi tak maksimal bukan ketika ada karang gigi?

Ya, masalah gigi tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, dampak yang ditimbulkan dari permasalahan pada gigi itu sangat berpengaruh pada penampilan. Selain malu untuk tersenyum dengan menunjukkan gigi, orang juga jadi segan untuk berbicara karena bau mulut.

Malas merawat kesehatan gigi dapat menimbulkan plak. Plak pada gigi timbul akibat kotoran dari sisa makanan yang menempel. Plak yang menempel itu pun semakin lama akan mengeras, mengerasnya plak gigi dikenal sebagai karang gigi. Nah dikutip dari carefree dental health, berikut 12 cara mudah untuk menghilangkan karang gigi dari rumah.

1. Rajin Menggosok Gigi

12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

(12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, Foto: Boldsky)

Tentu saja, ini adalah cara utama untuk merawat kesehatan gigi. Rajin menggosok gigi pagi dan malam dapat mencegah dan juga mengurangi karang pada gigi. Menggosok gigi juga harus dilakukan pelan-pelan dan menyeluruh, kira-kira cukup 3 menit dengan gerakan memutar. Selain itu, menggosok gigi setiap 30 menit sehabis makan juga dapat membantu.

2. Menggunakan Pasta Gigi Fluorida

Makanan yang Anda konsumsi dicerna oleh bakteri dan diubah menjadi asam. Asam ini dapat menghilangkan mineral pada gigi. Nah oleh karena itu selain untuk menghilangkan karang gigi, pasta gigi dengan fluorida dapat memenuhi kebutuhan mineral pada gigi serta memperkuat enamel gigi dari asam.

Baca Juga : Sisa Makanan Sebabkan Karang Gigi, Ini yang Bakal Terjadi

3. Baking Soda

12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

(12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, Foto: Boldsky)

Membersihkan gigi dengan baking soda juga dikenal ampuh. Caranya campur 1 sendok makan baking soda dengan sedikit garam dan air. Aduk rata, lalu celupkan campuran baking soda tadi dan gunakan sebagai pasta gigi. Jangan terlalu sering karena baking soda bersifat korosif sehingga dapat mengikis enamel gigi.

4. Flossing

Flossing atau teknik membersihkan gigi dengan benang juga efektif. Pasalnya, teknik ini dapat menjangkau sela-sela gigi lebih maksimal dibandingkan sikat gigi Gunakan benang yang halus dan lakukan pelan-pelan.

5. Kulit Jeruk

Anda bisa langsung menggosok kulit jeruk ke gigi selama 2-3 menit atau menumbuk kulit jeruk dan mencapurkannya dengan air sehingga berbentuk seperti pasta gigi. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Kandungan asam pada jeruk dapat membantu merontokkan karang gigi.

Baca Juga : Perawatan Gigi Penting saat Pandemi Covid-19, Ini Alasannya

6. Scrub Biji Wijen

Biji wijen memang dikenal kaya akan kalsium untuk memperkuat tulang gigi dan gusi. Tapi ternyata, biji wijen juga dapat membantu karang gigi mengelupas. Caranya ambil segenggam biji wijen, kunyah lalu sikat dengan sikat gigi yang kering. Disini, biji wijen berperan sebagai scrub untuk gigi.

7. Mengonsumsi Buah Ara

Agak asing didengar, konsumsi 2-3 buah ara dapat membantu meningkatkan produksi saliva (air liur) yang bersifat anti-bakteri dan membuat karang gigi terlepas. Pastikan dulu Anda tidak alergi terhadap buah satu ini ya!

8. Menggunakan Cengkeh

12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

(12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, Foto: Boldsky)

Menumbuk cengkeh dan mengoleskannya ke gigi seperti pasta gigi juga dapat menjadi salah satu solusi. Cengkeh juga dikenal sebagai pereda sakit gigi.

9. Berkumur dengan Cuka

Cuka berbau tidak sedap namun ampuh untuk merontokkan karang gigi. Caranya siapkan 2 sendok makan cuka dan satu sendok makan garam tambahkan 4 ons air dan campur hingga merata. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 1-2 menit, lakukan rutin 2-3 hari sekali.

10. Mengonsumsi Buah dan Sayur

12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

(12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, Foto: Boldsky)

Konsumsi buah dan sayur itu baik untuk menghempas karang gigi karena kandungan mineral, vitamin yang dapat menjaga gigi bersih. Konsumsi apel, seledri, wortel dan paprika.

11. Berkumur dengan Mouthwash

Cara mudah yang biasanya dilakukan untuk menghilangkan karang gigi yang mengeras adalah dengan berkumur. Anda bisa menggunakan obat kumur yang tersedia di market, dan mencobanya di rumah.  

12. Menggunakan Jus Lemon

Kandungan asam pada lemon dapat membantu mengatasi karang gigi. Caranya dengan mencelupkan sikat gigi ke jus lemon dan gosok gigi Anda. Diamkan selama 1 menit sebelum dibilas. Jangan terlalu sering karena asam lemon dapat menyebabkan erosi gigi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini