5 Protokol Kesehatan PTM Terbatas, Jangan Sampai Kendor Ya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 481 2472689 5-protokol-kesehatan-ptm-terbatas-jangan-sampai-kendor-ya-ZTRam9Jbu8.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

KASUS Covid-19 yang sudah menurun secara signifikan membuat pemerintah kembali memulai pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. PTM terbatas ini diizinkan di wilayah PPKM level 1-3. Dikabarkan setidaknya ada 91% (490.217) dari 540 ribu sekolah yang sudah boleh melakukan PTM terbatas.

Kebijakan pemerintah ini sengaja dilakukan untuk mengurangi masalah learning loss (Ketertinggalan pelajaran) akibat terlalu lama belajar secara daring selama masa pandemi Covid-19. Meski demikian PTM terbatas ini tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah risiko penularan.

Merangkum dari laman Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku, @satgasperubahanperilaku, Jumat (17/9/2021), berikut protokol kesehatan selama melakukan PTM terbatas.

Sekolah Tatap Muka

1. Menggunakan masker dan menjaga jarak sekira 1,5 meter.

2. Menggunakan ruangan kelas dengan kapasitas maksimal 50%.

3. Beralih ke media cetak menuju digital (paperless) untuk materi pembelajaran atau informasi seputar jadwal KBM dan lainnya.

4. Dilarang pinjam meminjam peralatan pribadi seperti alat belajar, alat musik, dan alat makan minum.

5. Buka jendela secara berkala minimal dua kali setiap jam untuk mempermudah pertukaran udara di dalam ruangan. Apabila berada di dalam ruangan tanpa jendela, usahakan terdapat ventilator untuk memastikan udara mengalir dengan baik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini