Cara Cegah 3 Masalah Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 481 2472691 cara-cegah-3-masalah-kesehatan-mulut-dan-gigi-selama-pandemi-covid-19-Lqi2m4y0VS.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MENJAGA kesehatan gigi menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan selama masa pandemi Covid-19. Sebab kesehatan gigi dan mulut dapat merefleksikan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu kesehatan gigi juga bisa menjadi pertanda jika seseorang kekurangan nutrisi dan gejala penyakit lain pada tubuh seseorang. Menurut Federation Dentaire Internationale (FDI) atau World Dental Federation terdapat beberapa permasalahan umum pada gigi.

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), @kemenkes_ri, Jumat (16/9/2021), berikut tiga masalah pada gigi dan mulut yang sering dialami masyarakat.

Kesehatan Gigi

1. Karies gigi

Karies disebabkan karena konsumsi gula berlebihan, kurangnya perawatan kesehatan gigi, dan sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan gigi yang sesuai standar.

Baca Juga : 12 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Senyum Kembali Percaya Diri!

2. Gangguan pada gusi (Periodontal)

Periodontal merupakan penyebab utama kehilangan gigi pada orang dewasa. Gangguan ini diawali dengan gingivitis (pembengkakan pada gusi akibat plak) yang jika tidak diobati akan menyebabkan periodontitis (infeksi yang dapat menghancurkan gigi dan jaringan sekitarnya).

3. Kanker mulut

Kanker mulut merupakan salah satu dari 10 jenis kanker yang paling banyak menyerang manusia. Kanker mulut menyerang bagian mulut secara signifikan, seperti bibir, gusi, lidah, kerongkongan, bagian dalam pipi, langit-langit mulut, dan bagian bawah mulut.

Upaya memelihara kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara:

1. Membiasakan perilaku menjaga gigi dan mulut dengan menyikat gigi 2x sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Selain itu pastikan untuk mengganti sikat gigi tiap tiga bulan sekali.

2. Menghindari faktor risiko dengan mengurangi mengonsumsi makanan manis, berhenti merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol.

3. Memeriksakan gigi rutin ke dokter setiap enam bulan sekali.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini