10 Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami, Si Kutil yang Menyebalkan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 611 2472940 10-cara-menghilangkan-papiloma-secara-alami-si-kutil-yang-menyebalkan-Bo80jP9tsC.jpg 10 cara menghilangkan papiloma secara alami (Foto : Healthline)

ADA 10 cara menghilangkan papiloma secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Dalam bahasa medis, kutil disebut dengan papiloma. Ini merupakan benjolan kecil, berdaging pada kulit atau selaput lendir yang disebabkan oleh virus papiloma.

Gejala utama berupa daging tumbuh yang tak terasa sakit pada kulit. Bagian kulit yang terkena biasanya tangan, kaki, dan alat kelamin.

Penanganan kutil berupa obat-obatan topikal dan pengangkatan melalui prosedur medis. Namun, ada juga bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati kutil.

Dilansir MNC Portal Indonesia dari laman Healthline pada Jumat (17/9/2021), berikut 10 cara menghilangkan kutil dengan bahan-bahan alami.

1. Cuka sari apel

10 Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami

(10 Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami, Foto: Healthline)

Cuka sari apel dianggap bekerja seperti asam salisilat. Asam salisilat adalah pengobatan kutil umum yang mengelupas kulit yang terinfeksi. Cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan kutil, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Untuk mencobanya, campurkan 2 sendok cuka sari apel dan 1 sendok air. Rendam bola kapas dengan campuran ini. Letakkan di atas kutil, dan tutup dengan perban. Biarkan selama tiga sampai empat jam.

Selalu encerkan cuka sari apel dengan air. Keasaman dapat menyebabkan iritasi dan luka bakar kimia. Juga, jangan mengoleskannya pada luka terbuka.

2. Kulit pisang

Kalium dalam kulit pisang dikabarkan dapat melawan papiloma. Namun, tidak ada penelitian yang menghubungkan potasium dengan pengobatan kutil atau infeksi kulit akibat virus.

Juga, tidak ada bukti ilmiah bahwa kulit pisang melawan papiloma. Jika ingin mencobanya, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada kutil. Ulangi proses ini setiap hari untuk melihat hasilnya.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Dicoba Yuk!

3. Bawang putih

10 Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami

(10 Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami, Foto: Healthline)

Allicin, komponen utama bawang putih, memiliki efek mikroba. Ia bekerja dengan menghancurkan enzim patogen berbahaya. Untuk mengobati kutil dengan bawang putih, haluskan 1 siung dan campur dengan air.

Oleskan ke kutil dan tutup dengan perban. Ulangi setiap hari selama tiga sampai empat minggu. Anda juga bisa mengoleskan jus bawang putih atau mengoleskan cengkeh pada kutil.

4. Kulit jeruk

Obat kutil populer lainnya adalah kulit jeruk. Ini adalah pilihan yang murah, tetapi tidak ada data ilmiah untuk mendukungnya. Obat ini termasuk menggosok kulit jeruk pada kutil sekali sehari.

Seharusnya, kutil akan berubah warna, menggelap, lalu rontok. Ini mungkin memakan waktu dua minggu atau lebih untuk melihat hasilnya.

Baca Juga : Cantiknya Tante Ernie Berbikini Hitam Minum Wine di Kolam Renang

5. Nanas

Nanas memiliki bromelain, campuran enzim yang mencerna protein. Diyakini bahwa bromelain menghilangkan kutil dengan melarutkan protein dalam papiloma.

Meskipun ada beberapa data untuk mendukung potensi efektivitas bromelain dalam mengobati beberapa kondisi medis, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung penggunaannya untuk menghilangkan kutil.

Orang-orang telah melaporkan keberhasilan menghilangkan kutil menggunakan jus nanas dalam beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan merendam kutil dalam jus nanas setiap hari. Teknik lainnya adalah mengoleskan nanas segar setiap hari.

6. Kentang

Orang-orang mengklaim bahwa jus kentang dapat "mengurangi" kutil, tetapi tidak ada penelitian mengenai keefektifannya. Untuk mencoba metode ini, potong kentang kecil menjadi dua. Gosok sisi yang terpotong pada kutil sampai tertutup jus kentang. Ulangi dua kali sehari.

7. Lidah buaya

10 Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami

(10 Cara Menghilangkan Papiloma Secara Alami, Foto: Healthline)

Orang menggunakan gel lidah buaya untuk kondisi kulit seperti luka bakar dan psoriasis. Jika kutil Anda gatal atau nyeri, gel dapat meredakannya. Gel lidah buaya juga dapat melawan patogen, termasuk virus.

Studi A2016 menemukan bahwa itu bekerja melawan virus herpes simpleks tipe 1, tetapi tidak ada penelitian tentang manfaat khusus untuk HPV. Untuk menggunakan lidah buaya, ambil daun dari tanaman lidah buaya. Oleskan gel pada kutil. Ulangi setiap hari.

8. Aspirin

Aspirin juga dapat menghilangkan kutil. Bahan utamanya adalah asam salisilat, bahan umum dalam perawatan kutil yang dijual bebas. Asam salisilat bekerja dengan mengelupas kulit yang terinfeksi. Seiring waktu, ini menghilangkan kutil.

Aspirin dianggap memiliki efek yang sama. Metode yang disarankan adalah dengan menghancurkan tablet aspirin dan mencampurnya dengan air. Oleskan pasta pada kutil dan tutup dengan perban semalaman.

9. Vitamin C

Vitamin C memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga penting untuk penyembuhan luka dan kesehatan jaringan kulit. Diperkirakan untuk melawan HPV, tetapi diperlukan bukti yang lebih andal.

Untuk mencobanya, hancurkan tablet vitamin C dan campur dengan air. Oleskan pasta ke kutil, tutup dengan perban, dan biarkan semalaman. Ulangi setiap hari.

Beberapa orang mengklaim bahwa jus lemon dan vitamin C membuat pasta lebih efektif. Ini bisa jadi dari keasaman jus lemon. Jus lemon dapat menyebabkan iritasi kulit, jadi gunakan dengan hati-hati.

10. Vitamin E

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengobati kutil adalah vitamin E. Nutrisi ini sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Diperkirakan meningkatkan reaksi tubuh Anda terhadap HPV, tetapi tidak ada penelitian yang mendukung klaim ini.

Anda bisa menusuk kapsul vitamin E dan mengoleskan minyak ke kutil. Lindungi kutil dengan perban dan biarkan semalaman. Ulangi setiap hari selama dua minggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini