Inspiratif, Influencer Tinorenato Ternyata Memulai Kariernya dari Segenggam HP

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 612 2472796 inspiratif-influencer-tinorenato-ternyata-memulai-kariernya-dari-segenggam-hp-Ou4mC4Oso0.jpg Tinorenato (Foto: Sukardi)

NAMA Tinorenato bukan sesuatu yang asing di Instagram, khususnya buat mereka yang interest pada dunia fotografi. Sudah punya 131 ribu pengikut, membuatnya cukup bisa memengaruhi pengikut dan itu kenapa kontennya semakin hari semakin baik.

Sesuatu yang besar pasti berasal dari yang kecil. Ungkapan itu tepat sekali diberikan untuk pemilik akun @tirorenato. Meski namanya sudah cukup besar sekarang, dengan banyak pujian berkat hasil foto yang ciamik, tapi siapa sangka kalau pria ini memulai semua hanya lewat hp.

 Tinorenato

Ya, sebagai fotografer, rasanya jarang sekali mengandalkan kamera hp untuk berkarya, walau banyak juga yang demikian. Namun, Tino tak malu mengakui hal itu hingga dirinya banyak belajar dari proses perjalannya sebagai influencer seperti sekarang.

"Aku mulai main Instagram 2011 dan konsisten di tema minimalis. Di awal-awal itu, aku ambil foto pun ngeditnya di HP. Itu karena Instagram nuntut kita secara instan dan foto cuma sekadar have fun, aja," katanya, Jumat (17/9/2021).

Namun, siapa sangka kalau foto-foto hasil jepretan HP-nya yang membuat dia dihubungi tim Instagram. "Aku terpilih sebagai Instagram Suggested User," katanya bersemangat.

Ini jadi keuntungan dia karena setiap ada pengguna baru Instagram, akunnya otomatis akan muncul untuk disarankan 'di-follow'.

Saat ditanya apa kira-kira Instagram memilih akun @tinorenato, influencer yang kini menetap di Bali berkata, "Mungkin Instagram menilai foto-fotoku berdampak positif dan menginspirasi ke sesama pengguna dan saya juga saat itu rajin berkomunitas."

Karena hal itu, akunnya langsung dikenal banyak pengguna Instagram. Jumlah followers-nya terus naik hari demi hari. Dalam waktu sebulan, dari 10 ribu pengikut, meroket jadi 80 ribu.

Tak terbuai dengan jumlah pengikut, Tino malah membuat pencapaian itu sebagai tanggung jawabnya di Instagram. Ya, memiliki banyak pengikut artinya dia mesti bekerja keras untuk membangun lingkungan yang positif di Instagram.

Bukan hanya soal bagaimana menampilkan foto yang ciamik, tetapi juga menyebarkan edukasi positif, salah satunya soal cara mendapatkan foto indah dan layak dibagikan ke Instagram.

Berjalannya waktu, konten Tino tak hanya soal fotografi, tetapi juga berkembang jadi travel, food, fashion, dan banyak hal positif lainnya. Berkat itu, dia pun mendapat banyak tawaran kerja.

"Pada 2014, tawaran kerjasama mulai datang. Ketika saya bekerja sama dengan suatu brand, saya tetap menjunjung nilai estetik foto maupun video, supaya audiens tetap tertarik dengan konten yang saya buat," paparnya.

Kerja kerasnya membuahkan hasil. Pada 2018, Tino Renato ditunjuk sebagai Brand Ambassador Marriott. Ia pun pernah diundang secara khusus oleh Kedutaan Besar Spanyol untuk menjadi travel influencer.

"Aku pun pernah ditunjuk oleh Kementerian Pariwisata Indonesia untuk memperkenalkan wisata dan budaya yang dimiliki Indonesia. Pengalaman yang sangat luar biasa pastinya," ungkapnya bangga.

Tak hanya brand, Tino pun diketahui bekerja sama dengan nama-nama selebriti Tanah Air seperti Jessica Iskandar, Indah Kalalo, Jennifer Bachdim, Yura Yunita, Eva Celia, Gamaliel, Keenan Pearce, dan masih banyak lagi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini